Penjualan Tablet Terus Turun dari Tahun ke Tahun, Produknya Mulai Tidak Relevan?

Sabtu, 01 Februari 2020 | 19:00
www.spiria.com

Pasar tablet semakin lesu dan mengalami penurunan.

Laporan Wartawan Nextren, Wahyu Prihastomo

Nextren -Sekitar 10 tahun yang lalu, kemunculan gadget dengan nama tablet berhasil mencuri perhatian.

Pengguna tablet mulai terlihat menjamur. Jumlahnya mungkin sama banyak dengan pengguna hape.

Baca Juga: Akhirnya Huawei Umumkan Tablet Flagship MatePad Pro, Pesaing iPad Pro

Tapi, beberapa tahun belakangan ini tren tablet sepertinya mulai ditinggalkan.

Alasannya beragam, mulai dari tidak praktis, harganya yang lebih mahal, sampai fungsinya yang 'nanggung'.

Perlu diakui kalau sekarang banyak hape yang punya fungsi nyaris menyamai tablet.

Baca Juga: Tablet Huawei Mirip iPad Sudah Tersertifikasi, Akan Segera Rilis

Bahkan ukuran layarnya pun juga sudah semakin besar seperti tablet.

Salah satu pabrikan yang masih bisa dibilang berhasil menjual tablet adalah Apple.

Di tengah menurunnya jumlah pengguna tablet dalam beberapa tahun terakhir ini, Apple masih berhasil menguasai pasar tablet.

Baca Juga: Penjualan Tablet Semakin Lesu dari Tahun ke Tahun, Benarkah Mulai Ditinggalkan?

Baru-baru ini lembaga riset pasar IDC merilis data penjualan tablet di sepanjang tahun 2019.

Hasilnya sesuai dugaan, angka penjualan menurun, tapi Apple tetap ada di puncak.

Data dari IDC menyebutkan kalau angka penjualan tablet di tahun 2019 menurun dari tahun sebelumnya.

Baca Juga: Belajar Digital Interaktif Lewat Tablet Galaxy Tab A 2019 Seharga Rp. 1,9 Juta

Pada tahun 2019 setidaknya ada 144,1 juta unit tablet yang terjual secara global.

Sementara di tahun 2018, jumlah tablet yang terjual bisa mencapai 146,2 juta unit.

IDC

Data penjualan tablet secara global sepanjang tahun 2019

Baca Juga: Tablet Samsung Galaxy Tab S6 Resmi Masuk Indonesia, Ada Program Trade In Merek Apa Saja

Walaupun terlihat sedikit, tapi penurunan sebanyak 0,6 persen ini tetap bisa dirasakan dampaknya.

Sepanjang tahun Apple berhasil menjual 49,9 juta unit iPad secara global.

Di bawahnya ada Samsung, Huawei, Amazon, Lenovo, dan lainnya.

Baca Juga: Tablet Murah Samsung Tab A 8.0 2019 Resmi Hadir, Baterainya 5100 mAh

Menariknya, penjualan iPad di kuartal keempat (Q4) 2019 justru mengalami kenaikan.

IDC

Data penjualan tablet di Q4 2019 secara global

Penjualan iPad di Q4 2019 mencapai 15,9 juta unit. Sementara di Q4 2018 cuma 12,9 juta unit saja.

Baca Juga: Makin Aneh, IBM Akan Bikin Smartwatch yang Bisa Berubah Jadi HP dan Tablet

Selain Apple, merek lainnya cenderung mengalami penurunan.

Tren menurunnya penjualan produk tablet sepertinya masih akan terjadi tahun ini.

Apalagi kalau tidak ada satu pabrikan pun yang memberikan inovasi menarik di produk tablet terbaru mereka. (*)

Baca Juga: Digitalisasi Sekolah di Pelosok, Kemdikbud Bagikan Ribuan Tablet Plus Perangkat IT Lain

Editor : Wahyu Subyanto

Sumber : Gizchina

Baca Lainnya