Begini Canggihnya Mobil Listrik Hyundai Ioniq yang Bisa Dipesan Lewat GrabCar

Selasa, 28 Januari 2020 | 12:00
Zihan Fajrin

Mobil listrik Hyundai Ioniq yang dipakai untuk layanan GrabCar Elektrik.

Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.

Nextren.com -Rencana Grab menghadirkan 20 mobil listrik akhirnya terlaksana dengan kerjasamanya bersama Hyundai.

Mobil listrik Hyundai IONIQ akan dipakai untuk layanan GrabCar Elektrik yang sudah bisa digunakan hari ini.

Namun untuk tahap awal, mobil ini hanya bisa digunakan dari Terminal 3 dekat gerbang 2 kedatangan Bandara Soekarno Hatta.

Grab meluncurkan kendaraan listrik ini karena ingin mengkampanyekan #LangkahHijau bersama Hyundai untuk menciptakan lingkungan yang ramah lingkungan dan terhindar dari polusi.

Baca Juga: Begini Cara Memesan Mobil Listrik di GrabCar dan Tarifnya, Coba Yuk!

Tujuan yang sama dengan pemerintah yang ingin nanti di ibu kota baru yaitu Kalimantan semua kendaraan menggunakan listrik.

Hyundai IONIQ, ialah mobil dari mesin yang ramah lingkungan, dan diklaim sebagai sebuah kombinasi yang menarik dan luas dari inovasi, kecanggihan, kinerja dan gaya yang seratus persen elektrik.

Bagaimana dengan sisi eksteriornya?

Bagian depan Hyundai IONIQ memiliki pola khas grille tertutup dengan cetakan berwarna perak di bagian bawah yang berlogo Hyundai.

Baca Juga: Uber Siap Wujudkan Transportasi Mobil Terbang, Gandeng Hyundai

Trim abu-abu anthracite yang terlihat pada bemper belakang dan bezel pada lampu siang hari di bagian depan diklaim menciptakan tampilan yang lebih halus dan dinamis.

Mobil listrik ini dilengkapi dengan LED DRL dengan kombinasi lampu belakang LED yang juga dilengkapi dengan fitur keamanan tambahan dan velgnya berukuran 16 inci.

Desain di dalam mobil Hyundai, terlihat seperti mobil biasanya dengan kursi yang berbalut kulit yang diklaim memiliki desain yang unik.

Di dalamnya terdapat dua layar LCD yaitu layar TFT berukuran 7 inci untuk Cluster Supervision atau yang biasa disebut Speedometer.

Baca Juga: Grab Kerjasama Dengan Hyundai Siapkan Layanan 20 Mobil Listrik

Layar selanjutnya merupakan layar audio berukuran 8 inci yang mempunyai kemampuan untuk konektivitas dengan smartphone melalui bluetooth dan sudah layar sentuh.

Peralihan gigi pada Hyundai IONIQ menerapkan sistem shift by wire, yang memungkinkan driver memindahkan gigi hanya dengan menyentuh sebuah tombol termasuk rem parkirnya.

Selain kursi berbahan kulit dan dua layar di dalam mobil listrik Hyundai, terdapat juga pencahayaan ambient biru mewarnai sepanjang sisi bawah dashboard penumpang dan pada konsol tengah yang semakin menampilkan sisi modern.

Baca Juga: OnePlus 8 Disinyalir Akan Punya Teknologi Fast-Charging Tanpa Kabel

Mesin baterai Hyundai IONIQ Electric berkapasitas 38,3kWh menawarkan total estimasi jarak 373 km dan memakan waktu 6 jam untuk pengisian daya.

Tidak hanya smartphone yang memiliki kemampuan fast charging, mobil ini juga punya.

Dengan kapasitas baterai tersebut, IONIQ memiliki kemampuan fast charging 50kW yang mampu mengisi ulang sampai 80 persen selama 57 menit.

Tidak hanya fast charging 50kW, Hyundai juga menyiapkan fast charging 100kW yang dapat meningkatkan waktu pengisian sampai 80 persen hanya dalam waktu 54 menit.

Baca Juga: Sukses dengan TikTok, ByteDance Bakal Segera Produksi Mobile Game

Fitur e-motor atau Permanent-magnet synchronous motor menghasilkan 136 ps dan 295 Nm Torsi, yang dilengkapi dengan charger on-board standar 7,2kW.

Hyundai IONIQ memiliki fitur mode berkendara Eco+ yang berstandar Eco, Comfort dan Sport.

Pada mode Eco+, pengemudi atau driver dapat mengurangi konsumsi energi dan sisa energi dapat digunakan pada situasi darurat yang tidak terduga.

Mobil listrik ini juga dilengkapi dengan paddle shifter untuk memaksimalkan efisiensi kendaraan, di mana paddle shifter yang dipasang pada setir mobil memungkinkan pengemudi untuk menambah atau mengurangi tingkat pengereman regeneratif (laju deselerasi).

Baca Juga: Begini Cara Menggunakan Split Mode di iPad, Bisa Gaming Sambil Chatting

Semakin tinggi tingkatannya semakin kuat pengereman yang akan menghasilkan peningkatan pada konsumsi baterai.

Apakah mobil tersebut mempunyai sistem keamanan?

Baca Juga: Grab Hadirkan Fitur Baru di GrabFood, Buat Kamu Mudah Pesan Makan

Sistem keamanan Hyundai IONIQ dilengkapi dengan fitur ABS, ESC, dan HAC. Selain itu juga terdapat 7 airbag untuk melindungi pengemudi dan penumpang di dalam mobil.

Dengan fitur keselamatan yang sesuai dengan kapasitas kendaraan, Grab mengklaim pengemudi akan merasa lebih percaya diri saat ia berada di belakang kemudi.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya