Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.
Nextren.com -Netflix, salah satu aplikasi streaming film asal Amerika ini mengumumkan pencapaiannya di kuartal 4 tahun lalu.
Perusahaan tersebut berhasil meraih 8,8 juta pelanggan hanya selama 4 bulan. Pencapaian tersebut dikatakan melampaui perkiraan sebelumnya yaitu 7,6 juta pelanggan tambahan.
Dan sekarang sudah ada 167 juta pelanggan Netflix, pertumbuhan yang cukup baik karena meningkat 20 persen dari tahun 2018.
100 juta pelanggannya diketahui berasal dari luar Amerika Serikat.
Baca Juga: 21 Film Animasi Studio Ghibli Akan Hadir di Netflix Indonesia, Tak Rilis di AS
Pertumbuhan pelanggan di Amerika Serikat sendiri mengalami peningkatan dengan bertambahnya 420.000 pelanggan baru.
Dengan adanya peningkatan tersebut, Netflix mendapat sejumlah keuntungan yang mencapai 5,47 juta dolar AS dan laba per sahamnya mencapai 1,30 dolar AS.
Walaupun pendapatan dan pencapaian Netflix terlihat memuaskan, perusahaan tersebut tetap harus berhati-hati.
Karena pada tahun 2019, hadir sejumlah platform streaming film baru seperti Disney+ dan AppleTV+.
Baca Juga: Disney+ Buat Daftar Film untuk
Tayangan The Witcher pada Netflix memiliki tingkat ketertarikan penonton yang tinggi daripada tayangan di platform lainnya.
Hal tersebut diungkap oleh Kompas Tekno yang mengambil dari data tren Google Search yang menunjukan tingginya ketertarikan penonton terhadap tayang seri original milik Netflix.
Netflix terlihat percaya diri walaupun banyaknya pesaing yang berdatangan dan akan disebar secara global, ia mengaku akan tetap unggul.
"Apabila Disney+ mulai mengglobal, kami prediksi jika pertumbuhan tersebut tidak akan jauh berbeda dengan sekarang," tutur pihak Netflix mengutip dari Tech Crunch
Baca Juga: Netflix dan Disney+ Akan Hadir di Google Play Movie & TV Untuk Android
Netflix juga dikabarkan tidak ingin memasukan iklan ke dalam platformnya karena ingin membuat penggunanya senang.
Pihaknya berkata bahwa bila memasang iklan otomatis data pengguna Netflix harus dibagikan kepada pihak si pengiklan dan itu sama saja mengungkapkan data pelanggan Netflix.
Dengan keputusan untuk membebaskan iklan dalam tayangannya memang bisa dibilang sangat disambut baik.
Namun untuk mendapat pendapatan yang besar, Netflix dapat darimana?
Baca Juga: Ini Alasan Lengkap Telkom Terkait Pemblokiran Netflix di Indonesia Sejak 2016
Melansir Tech Crunch, seorang analis memperkirakan Netflix dapat menghasilkan lebih dari satu miliar lebih per tahun karena meningkatnya dukungan iklan terkait layanannya.
Untuk di kuartal selanjutnya, Netfilx mengekspetasikan akan mendapat 7 juta pelanggan.
(*)