Polisi Ikut Menangani Kasus Pembobolan Simcard dan Rekening Wartawan Senior Ilham Bintang

Senin, 20 Januari 2020 | 15:00
Tribun

Ilustrasi simcard

Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.

Nextren.com -Terkait dengan pembobolan rekening bank Ilham Bintang, yang diambil melalui akses kartu SIM-nya diajukan kepada pihak kepolisian.

Kronologi yang berasal dari orang yang mengaku sebagai Ilham Bintang dan ingin mengganti nomor kartu SIM-nya disetujui oleh pihak Indosat.

Kejadiannya terjadi di gerai Indosat Bintaro Jaya Xchange pada 3 Januari.

Proses pergantian nomor pun diketahui cepat, hanya 7 menit dan tidak ada tanda-tanda proses pemverifikasian dan pihak Indosat pun mengaku kalau petugas memang lupa untuk meminta fotocopy KTP pelaku.

Baca Juga: Kisah Nomor Indosat Wartawan Senior Ilham Bintang Diganti Orang Misterius, Lalu Dananya Dibobol ke 100 Rekening

Dampaknya semua rekening Ilham dari Commonwealth bank habis terkuras ditransfer ke hampir seratus rekening yang tidak di kenal.

Kartu kredit BNI-nya pun terdapat transaksi yang ia tidak lakukan tiga hari berturut-turut, dari tanggal 4,5, dan 6 Januari.

Kronologi tersebut diceritakan Ilham melalui postingan Facebooknya, selain cerita kronologi terdapat juga info-info lainnya tentang perkembangan kasusnya.

Ilham yang merasa kecewa dan mengkritik tentang kecerobohan pihak Indosat dan protes juga kepada Commonwealth bank yang tidak merasa curiga sedikit pun tentang transfer ke banyak rekening tersebut.

Baca Juga: Dibekali chip keamanan Titan M, Google Tantang Hacker Membobol Smarpthone Pixel Dengan Hadiah Rp 14 Miliar

Menurut Ilham seharusnya Indosat menggunakan sistem pengawasan dan verifikasi yang faktual yang baik, karena hal tersebut diperkirakan si pelaku bisa dengan mudahnya mendapatkan nomornya.

Dengan kejadian ini, Ilham melaporkannya ke Mapolda Metro Jaya dengan menggandeng Elza Syarief sebagai kuasa hukumnya.

Laporan Ilham terdaftar dengan nomor LP/349/I/Yan2.5/2020/SPKTPMJ dan baru dibuat tanggal 17 Januari selang sehari sesudah Ilham memposting di Facebook-nya.

"Laporan kan baru dibuat kemarin tanggal 17 Januari 2020. Kita tunggu saja nanti (pemanggilan terhadap Bintang)," kata Yusri Yunus, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes, mengutip Kompas.com, (20/1).

Baca Juga: Begini Detil Tahapan Bobolnya Saldo GoJek Maia Estianty dan Cara Mencegahnya

Kasus Ilham pun juga sudah ditanggapi langsung oleh pihak Indosat dan pihaknya juga sudah mau untuk bekerjasama untuk menanganinya.

Turina Farouk, SVP-Head Corporation Communications Indosat Ooredoo menuturkan penyesalan Indosat terhadap apa yang dialami oleh Ilham.

Mereka pun sudah bertemu untuk menjelaskan secara langsung kepada Ilham.

Ilham pun dalam menceritakan kronologi di Facebook juga membandingkan proses verifikasi Indosat dan Telkomsel.

Baca Juga: Sering Kehabisan Baterai? 6 Faktor Ini Mungkin Bisa Jadi Penyebabnya

Karena pada awal ditanya terdapat CCTV pada gerai kejadian dijawab tidak, namun selang beberapa hari Ilham mendapat tangkapan layar pelaku di dalam CCTV yang ia tanyakan juga ke dalam Facebook.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Sumber : kompas

Baca Lainnya