Laporan wartawan Nextren, Fahmi Bagas
Nextren.com- Grab merupakan perusahaan platform aplikasi penyedia jasa layanan transportasi yang juga menghadirkan beberapa fitur untuk memudahkan kegiatan aktivitas penggunanya.
Hadir sejak tahun 2016 lalu di Indonesia, saat ini Grab telah menjadi pilihan alternatif bagi masyarakat khususnya di perkotaan untuk membantu mobilitas sehari-hari.
Di awal tahun 2020, Grab merilis beberapa fitur baru yang bertujuan untuk lebih memberikan fasilitas yang nyaman untuk para costumernya.
Fitur terbaru ini dirilis oleh Grab untuk layanan GrabFood yang pengguna berfungsi untuk membantu kamu memesan makanan.
Baca Juga: Grab dan Pemprov DKI Resmi Kerja Sama Tanggulangi Banjir di Jakarta
Grab merilis 7 fitur terbaru ini pada Jumat (17/1), di kawasan Jakarta Selatan dan dihadiri oleh Neneng Goenadi, selaku Managing Director Grab Indonesia.
Acara peluncuran fitur tersebut juga dihadiri oleh beberapa merchant yang bekerjasama dengan Grab untuk mendukung layanan terbaru dari GrabFood di tahun 2020.
"Kita berfokus pada para stake-holder untuk tetap memberikan sebuah layanan yang terbaru untuk terus berinovasi untuk perusahaan" ungkap Neneng Goenadi, pada sesi presentasi mengenai fitur terbaru GrabFood.
Tak hanya meluncurkan fitur layanan baru saja, Grab Indonesia juga memamerkan sebuah program dengan nama "Jangan Lupa Makan".
Program ini adalah upaya Grab untuk memfasilitasi untuk para pekerja yang sibuk dengan aktivitasnya hingga lupa untuk makan.
Penerima dari program ini adalah mereka yang bekerja sebagai petugas pemadam kebakaran, polisi, dokter, suster, supir angkutan umum, dan petugas kebersihan.
Kamu sudah penasaran, fitur baru saja yang bisa dinikmati pada layanan GrabFood di tahun 2020 ini? Yuk simak ulasan ke 7 fitur tersebut.
Baca Juga: Begini Cara Cek Data Kamu di Grab Tahun ini, Ketahuan Suka Minum Boba
1. GrabFood Ambil Sendiri
Fitur terbaru dari Grab yang satu ini nantinya akan mengizinkan kamu untuk memesan makanan tanpa harus mencari driver dahulu.
Kamu bisa langsung memesan ke merchant restauran (sudah menjadi merchant GrabFood) sesuai dengan keinginan kamu.
Nantinya, kamu akan bisa langsung mengambil pesanan kamu sendiri tanpa harus antri terlebih dahulu.
Hal ini tentunya dapat memudahkan kamu saat berada di suatu tempat namun ingin memesan makanan terlebih dahulu sebelum sampai di tempat tersebut.
Dengab menggunakan fitur ini, kamu tidak akan melibatkan driver sama sekali, sehingga akan lebih mudah dan cepat.
2. Multi Order
Multi Order adalah fitur yang bisa membuat kamu bisa memesan lebih dari 1 restoran.
Fitur ini dihadirkan dengan melihat permasalahan yang sering terjadi pada para user.
Seringkali saat sedang berkumpul dengan teman atau keluarga, timbul perbedaan keinginan pesanan makanan.
Grab akhirnya membuat fitur multi order yang bisa membuat kamu memesan langsung dari 4 restoran.
Namun, meskipun kamu memesan langsung ke 4 restoran berbeda, itu menandakan akan adanya 4 driver pengantar yang berbeda juga.
Baca Juga: Siap-Siap, Grab Akan Tawarkan Mobil Listrik Untuk Para Mitra Sopir
3. Pesan Ulang
Sebagai fitur ketiga, Pesan Ulang adalah layanan yang memudahkan kamu untuk dapat memesan makanan yang sudah kamu pesan sebelumnya.
Dengan fitur ini kamu bisa langsung mencari pesanan makanan tersebut tanpa harus mengetik pada laman pencarian.
Kalau disederhanakan, fitur Pesan Ulang sama halnya dengan fitur histori yang mendata riwayat pemesan kamu sebelumnya.
4. Kesayanganku
Sekarang kamu bisa membuat list favorit dengan fitur Kesayanganku pada tampilan Grabfood.
Kamu bisa memberikan tanda "love" pada menu yang menjadi favoritmu.
Fitur ini berada pada laman khusus pada tampilan layanan GrabFood.
5. Centang Hijau
Dengan memesan makanan pada merchant dengan tanda centang hijau, orderan kamu akan langsung masuk ke restoran tanpa harus masuk ke mitra driver terlebih dahulu.
Sehingga bisa membuat pesanan kamu lebih cepat.
Baca Juga: GrabHealth, Layanan Kesehatan Berbasis Teknologi Kini Hadir di 224 Kota di Indonesia
Kalau memesan di restoran dengan centang hijau, kamu tidak akan mendapat alasan dari driver yang tidak punya uang.
Karena jika memesan dari restoran bertanda centang hijau tersebut, kamu bisa bayar secara cashless dan langsung masuk ke dalam sistem restauran.
Atau jika menggunakan cash, driver kamu bisa membayar dengan saldo hingga minus.
6. Layanan GrabKitchen
Fitur ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 2019 lalu.
Namun Grab akan terus berusaha untuk mengembangkan kerjasama dengan lebih banyak mitra Grabkitchen.
Saat ini sudah ada lebih dari 40 mitra GrabKitchen di beberapa kota di Indonesia.
Dengan menggunakan GrabKitchen, kamu bisa langsung memesan banyak menu hanya dalam satu kali order dan satu kali pengantaran driver.
Baca Juga: Inilah Maxim, Aplikasi Ojek Online Asal Rusia yang Didemo Driver GoJek dan Grab di Solo
7. Pusat Bantuan (Help Center)
Untuk kamu yang sedang merasa gusar dengan mitra grabfood.
Kamu bisa langsung adukan lewat activity, lalu hubungi grab, dan kamu bisa menuliskan kritik kamu langsung ke grab.
Kritikmu terhadap driver ataupun pelayanan GrabFood tersebut akan segera direspon oleh pihak Grab.
(*)