Hujan Deras Takut Banjir? Gunakan 6 Apps Ini Saja Untuk Cek Jalanan

Senin, 11 Desember 2017 | 18:57
Nextren

Aplikasi untuk menghindari banjir

Laporan Wartawan Nextren, Kama Adritya

Nextren.grid.id -Cuaca yang tak menentu membuat rencana kadang menjadi tidak bisa dipastikan sebelumnya. Terlebih lagi jika kamu berada di kota Jakarta yang sudah terkenal dengan banjir.

Bencana banjir bisa merusak rencana yang telah dipersiapkan sebelumnya, untuk itu kita harus memersenjatai diri dengan aplikasi-aplikasi yang dapat membantu kita dalam menentukan rencana.

(BACA:Tak Hanya Kirim Pesan, Hal Ini Juga Bisa Dilakukan Facebook Messenger)

Hujan yang deras bisa berujung dengan bencana banjir yang menyebabkan kemacetan parah ataupun kerugian materi.

Untungnya aplikasi/apps ini dapat membantu kita dalam memantau kondisi banjir saat hujan mulai turun. Sayangnya tidak semua aplikasi ini tersedia di iOS, tapi semuanya tersedia di Android Google Play.

1. Waze

Nextren
Kama/Nextren

Waze

Aplikasi ini memiliki tujuan utama untuk mengarahkan kita di tengah lalu lintas agar terhindar dari kemacetan. Termasuk di dalamnya adalah kemacetan akibat banjir.

Kehebatan dari aplikasi ini adalah karena laporan pengguna Waze yang cukup aktif dalam memberikan update lalu lintas.

Terutama di kota Jakarta yang memiliki anggota Waze yang berjumlah ribuan, sehingga data yang diberikan dapat selalu terkini.

Hanya saja, aplikasi ini hanya berguna untuk menghindari kemacetan tanpa informasi yang lebih detail terkait dari banjir itu sendiri.

2. Pantau Banjir

Nextren
Kama/Nextren

Pantau Banjir

Aplikasi ini dibuat oleh Pemprov Jakarta dalam tajuk Smart City-nya. Aplikasi ini dibuat memang untuk memantau kondisi banjir di kota Jakarta.

Di sini kamu bisa melihat tinggi air dari kali atau sungai yang melintasi kota Jakarta. Kamu bisa mengecek kondisi pintu air apakah dalam kondisi siaga atau tidak. Bahkan kamu juga bisa melihat bagaimana kondisi pompa air yang memompa keluar air tersebut dalam kondisi menyala atau tidak.

Penampilannya dihadirkan dengan grafis sederhana yang mudah dimengerti. Hanya saja, kondisi yang ditampilkan belum tentu selalu up to date. Sehingga data yang kamu lihatkemungkinan masih ada waktu jeda.

Sisi negatifnya lagi, aplikasi ini juga hanya ditujukan untuk penduduk Jakarta. Sehingga penduduk kota lain tidak bisa memanfaatkannya.

(BACA:Mana yang Lebih Baik, Layar AMOLED atau IPS LCD Touchscreen?)

3. Google Map

Nextren
Kama/Nextren

Google Map

Aplikasi besutan raksasa dunia ini memang serba bisa. Selain dapat menentukan arah tujuan, aplikasi ini juga dapat memberikan informasi banjir.

Tampilan pada layarnya ini sudah umum sehingga mudah dipelajari. Jika kamu ingin sekadar menghindari wilayah banjir, maka Google Map masih bisa diandalkan.

Hanya saja ada jeda beberapa jam dari kondisi terkini jika kamu menggunakan imaji dari satelit. Selain itu juga informasi banjir yang diberikan tidak terlalu detail dan sangat mengandalkan informasi tambahan dari search engine google.

4. Siaga Banjir

Nextren
Kama/Nextren

Siaga Banjir

Aplikasi ini dikembangkan oleh developer bernama Digit Creative Studio. Aplikasi ini menggunakan open data yang disediakan lewat data.jakarta.go.id yang melingkupi semua wilayah rawan banjir di DKI Jakarta.

Namun, bukan hanya dari situ saja. Aplikasi ini juga menerima laporan dari para pengguna aplikasi ini ataupun yang dikirimkan ke email developer. Aplikasi ini juga mengumpulkan tweet orang terkait informasi banjir di Tweeter.

Aplikasi ini juga menyediakan langkah-langkah yang harus diambil saat menghadapi banjir, baik sebelum banjir sampai dengan pasca banjir.

Kamu juga dapat melihat apakah lokasi tempat dirimu berada sedang berada di wilayah rawan banjir atau tidak.

Sayangnya, aplikasi ini tergolong berat untuk digunakan. Karena aplikasi ini harus mengakses beragam data, baik dari Google Map, data Pemprov DKI, sampai dengan data user.

Tampilan pada aplikasi ini juga tergolong terlalu ruwet dan user interfacenya terlalu sederhana.

Meski menggunakan data dari pemerintah Jakarta, aplikasi ini juga bisa diterapkan di kota lain.

(BACA:Sambut Harbolnas, 5 Hape Terbaru 4G dan RAM 4GB Ini Cuma Rp 2 Jutaan)

5. Sistem Peringatan Dini Banjir

Nextren
Kama/Nextren

Sistem Peringatan Dini Banjir

Satu lagi aplikasi yang dibuat oleh pemerintah Jakarta dalam menghadapi banjir.

Bisa dibilang aplikasi ini memiliki tampilan yang paling user friendly dan mudah digunakan.

Beragam informasi terkait banjir juga dapat ditemui di sini. Seperti tinggi muka air, peta lokasi banjir, prakiraan cuaca, sampai ke masukan pengguna.

Kamu juga bisa mendapatkan notifikasi yang mengabarkan tentang kondisi banjir di wilayah yang kamu daftarkan.

Data yang diberikan juga cukup akurat dan terkini. Aplikasi ini juga tergolong enteng dan mudah diakses.

6. Qlue

Nextren
Kama/Nextren

Qlue

Aplikasi wajib buat penduduk Jakarta ini kini berguna untuk menjadi penghubung rakyat kota Jakarta ke pemerintah.

Aplikasi ini memungkinkan kita untuk melaporkan berbagai macam kondisi perkotaan. Termasuk kondisi banjir.

Hanya saja, aplikasi ini tidaklah seupdate dulu. Tanggapan dari pihak terkait juga mulai menurun. Sehingga jika kamu mencari berita terkini mungkin hanya dapat mengandalkan laporan dari pengguna lainnya saja.

Padahal, tampilan user interface aplikasi ini sangat menarik dan informatif. Sayang kini aplikasi ini tidaklah seinformatif dulu. (*)

(BACA:Teknologi Membawa Petaka, Penyebab Garuda Indonesia Delay Parah)

Editor : Kama