Kominfo Pastikan Jaringan Seluler Tetap Lancar Sepanjang Libur Natal dan Tahun Baru

Rabu, 18 Desember 2019 | 15:40
Josua Marunduh

Novie Rumbayan (50 Tahun) merupakan salah seorang nelayan Lokal di Pesisir Pantai Santiago, Tahuna, Kabupaten Sangihe. Novie seringkali mengandalkan jariongan internet yang dapat diaksesnya melalui gawai untuk menunjang pekerjaanya sebagai nelayan. Dalam foto ini Nonie sedang melakukan Video Call de

Laporan Wartawan Nextren, Wahyu Prihastomo

Nextren -Momen liburan Natal dan tahun baru memang selalu jadi waktu yang tepat untuk menutup tahun.

Dilansir dari Kompas.com, frekuensi komunikasi yang dilakukan masyarakat akhir tahun ini akan meningkat.

Umumnya, arus data akan muncul dari internet dimana jutaan orang akan megunggah kegiatan liburan mereka di media sosial.

Baca Juga: Canggih, Sekarang Pengamen di Semarang Terima Bayaran Lewat GoPay

Untuk mengatasi masalah ramainya arus data, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sudah memastikan jaringan seluler akan tersedia dengan lancar.

Hal ini disampaikan oleh Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu melalui keterangan tertulis, Senin (16/12/2019).

Kominfo meyakinkan kalau pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan operator seluler untuk meningkatkan kapasitas jaringan.

Baca Juga: Postingan Facebook Eks Bupati Purwakarta Jadi Penyelamat TKI yang Terlantar di Dubai Ini

Mereka juga sudah mendata titik mana saja yang akan menjadi pusat keramaian.

"Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kominfo telah melakukan koordinasi dengan operator seluler untuk meningkatkan kapasitas jaringan di lokasi yang menjadi titik keramaian saat perayaan Natal Tahun 2019 dan Tahun Baru 2020," kata Nando.

Berdasarkan data dari Ditjen PPI, beberapa lokasi yang kemungkinan akan jadi pusat aktivitas adalah Monas, sekitar Gereja Katedral, Bandara Soekarno-Hatta, dan juga Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Baca Juga: Asosiasi Mobile Marketing Sebut 97 Persen Penduduk Indonesia Sudah Pakai Internet

Pastinya mereka juga sudah mempersiapkan penguatan jaringan ini di sejumlah daerah lain di luar Jakarta.

"Hasil pengukuran kualitas layanan ini kemudian disampaikan kepada operator untuk dilakukan optimasi jaringan sehingga masyarakat dapat menikmati layanan telekomunikasi yang berkualitas," ujar Nando.

Tidak perlu khawatir, sejumlah operator besar di Indonesia sudah berkomitmen untuk meningkatkan kekuatan jaringan mereka akhir tahun nanti.

Baca Juga: Pedagang E-Commerce Wajib Punya Izin Usaha, Kata Mendag: Izinnya Mudah dan Gratis

Sebut saja Telkomsel, XL, Indosat, Smartfren, 3, Telkom, dan Smartfren.

Pihak Telkomsel sudah menyediakan 85 Mobile Base Tranceiver Station (BTS) di titik yang berpotensi mengalami kepadatan pengguna.

Telkomsel juga siap menerjunkan 324 mobile GRAPARI supaya lebih dekat dengan masyarakat.

Baca Juga: Ini 7 Artis Dengan Follower Terbanyak di Instagram Sepanjang 2019

Sementara XL siap mengadakan patroli dan pengecekan jalur fiber utama yang menghubungkan jaringan mereka.

Dari 3, mereka membuka layanan 3Cara yang bisa kalian akses lewat fitur 3Chat yang ada di aplikasi Bima+, WA: 08999800123, BBM Pin: 24F1E25C, Email: 3care@three.co.id, Telp: 123 (dari nomor Tri) atau 08964400123.

Indosat juga akan melakukan peningkatan layanan data, voice ,dan SMS. (*)

Baca Juga: CEO Youtube Ternyata Juga Batasi Anaknya untuk Menonton Youtube

Editor : Kama

Baca Lainnya