Media Sosial Facebook Akan Adopsi Fitur Close Friend Milik Instagram

Minggu, 24 November 2019 | 17:59
zdnet.com

Ilustrasi aplikasi Facebook

Laporan wartawan Nextren, Nicolaus Prama

Nextren.com – Media sosial raksasa, Facebook kembali akan adopsi sistem anak perusahaannya.

Kali ini, Facebook akan adopsi sistem Close Friend milik Instagram.

Dengan fitur ini, pengguna Facebook dapat berbagai postingan hanya pada orang tertentu saja.

Baca Juga: WT:Social, Media Sosial Anti Facebook Tanpa Iklan dan Tidak Jual Data Pribadi

Rencana ini dikonfirmasi Facebook pada Tech Crunch, Sabtu (23/11/2019) kemarin.

Facebook akan adopsi fitur ini karena banyak pengguna tidak berbagi apapun di Facebook karena merasa banyak teman (friend) yang tidak dikenal.

Terlebih, sebagai media sosial yang cukup lama dan besar, banyak jaringan teman di Facebook merupakan keluarga, kolega, hingga teman jauh.

Akibatnya. tentu ada rasa risih ketika pengguna Facebook berbagi postingan tertentu.

techcrunch.com

Fitur Smart List Facebook pada 2011

Pada 2011 silam, Facebook pernah hadirkan fitur Smart List yang dapat digunakan untuk membuat list teman dalam lingkup tertentu.

Tetapi, kala itu hanya 5 persen pengguna yang memakai fitur tersebut dan membuat Facebook harus menutup fitur tersebut pada 2018 silam.

Padahal, fitur tersebut membantu pengguna untuk memisahkan teman yang benar-benar penting dan teman yang baru saja dikenal.

Di saat yang sama, fitur Smart List tersebut diadopsi oleh Instagram menjadi Close Frien.

Di luar dugaan, sebanyak 85 persen pengguna Instagram ternyata menggunakan fitur tersebut.

Baca Juga: TikTok Jadi Aplikasi Terlaris Ketiga di Dunia, Ungguli Facebook dan Instagram

Fitur Close Friend bahkan dianggap efektif dalam berbagai foto dan video oleh pengguna Instagram.

Facebook kemudian akan menggunakan fitur tersebut untuk disematkan pada fitur Stories.

Pihak Facebook menyebutkan bahwa dalam beberapa waktu mendatang fitur serupa akan disematkan pada Messanger.

techcrunch.com

Rencana adopsi fitur Close Friend oleh Facebook

Facebook bahkan telah menyiapkan 3 kategori yang dapat diterapkan pada fitur Close Friend tersebut: Close Friend, Acquaintances, dan Restricted.

Ketiga kategori tersebut diharapkan dapat membantu pengguna untuk dapat lebih aktif berbagi postingan.

(*)

Tag

Editor : Wahyu Subyanto