Program 11.11 Sukses Berikan Keuntungan Berlipat Bagi E-Commerce Lokal

Rabu, 13 November 2019 | 10:34
South China Morning Post

Pengepakan barang di gudang Lazada Indonesia.

Laporan Wartawan Nextren, Wahyu Prihastomo

Nextren -Tanggal cantik 11 November alias 11.11 setiap tahunnya selalu dimanfaatkan para e-commerce untuk menyediakan sejumlah promo menarik.

Para e-commerce berlomba-lomba memberikan promo semenarik mungkin untuk meningkatkan angka kunjungan dan transaksi di platform mereka.

Di hari tersebut, sejumlah e-commerce berhasil mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat.

Salah satunya adalah Shopee yang pada 11.11 mampu menjual hingga 70 juta barang.

Baca Juga: Harbolnas 11.11 Berakhir, realme Klaim Jadi Merek Utama dan realme Buds Wireless Berhasil Curi Perhatian

Dikutip dari KompasMoney, angka penjualan ini naik 3 kali lipat di satu jam pertama kalau dibandingkan dengan promo 11.11 tahun lalu.

Merek dengan performa tertinggi mencatatkan peningkatan angka kunjungan hingga 11 ribu kali lipat.

Sementara jumlah pesanan yang diterima meningkat hingga 5 ribu kali lipat.

Baca Juga: Promo Harbolnas 11.11: Begini Strategi Belanja di Ecommerce Agar Kantong Aman

Merek paling populer di Shopee adalah Unilever, Maybeline, Realme, Xiaomi, Elzatta, dan Terry Palmer.

Untuk kategori yang paling banyak dikunjungi adalah Beauty, Home & Living, Women Clothes, Mobile & Accessories, dan Muslim Fashion.

Produk terlaris tahun ini didominasi oleh produk ponsel, di antaranya Nestum Choco Polybag, Xiaomi Redmi Note 8 Pro, Realme 3, dan Pepsodent Pasta Gigi.

Baca Juga: Oppo, Blackshark, Hingga Realme Tawarkan Diskon Cuma 11 November 2019!

Sejalan dengan Shopee, e-commerce lain seperti Lazada juga mencatatkan hasil yang positif selama promo 11.11 berlangsung.

Dikutip dari KompasMoney, pesanan barang naik 2 hingga 3 kali lipat dari hari biasa.

Lazada juga mengonfirmasi kalau jumlah barang yang keluar dari gudang mereka pada 11.11 mencapai 600.000.

Baca Juga: Promo Harbolnas 11.11: Berburu Tiket dan Voucher Hotel Murah, Yuk

Padahal di hari biasa jumlah barang keluar cuma sanggup menyentuh angka 200.000 saja.

Untuk menangani pesanan yang membludak ini Lazada terpaksa merekrut 3.000 tenaga kerja tambahan.

Ribuan orang itu ditambahkan ke dalam proses pengepakan di gudang seluas 70.000 meter persegi dengan 7 sampai 8 juta barang di dalamnya.

Bukan cuma itu, Lazada juga terpaksa menambah jumlah kurir di hari belanja nasional ini.

Tahun ini Lazada menambah armada kurir menjadi sekitar 8.500 kurir.

Baca Juga: Ini Dia Daftar Promo Harbolnas 11.11 di Bukalapak, Ada Diskon 90 Persen Loh!

Berbanding cukup jauh dari tahun lalu yang hanya 4.500 kurir.

Ternyata promo Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) mampu memberikan manfaat untuk banyak pihak.

Misalnya adalah pembeli yang bisa mendapatkan barang murah, pihak e-commerce yang mendapatkan keuntungan berlipat, sampai terbukanya ribuankesempatan kerja baru. (*)

Baca Juga: Sambut UC 11.11 Shop Fest, UC Browser dan Lazada Hadirkan Pengalaman Berbelanja Online Unik di Aplikasi

Editor : Kama

Baca Lainnya