Rawan Penipuan, Inilah 5 Tips Bertransaksi Aman Dengan Gojek

Jumat, 18 Oktober 2019 | 13:30
Gojek

Gojek

Laporan Wartawan Nextren, Wahyu Prihastomo

Nextren.com -Penipuan yang terjadi dalam proses transaksi dengan aplikasi Gojek memang cukup sering terjadi.

Terutama pada layanan GoFood yang kemudaian menggunakan metode pembayaran dengan Gopay.

Keluhan demi keluhan selalu datang dari para pengguna. Mungkin salah satunya dari Sobat Nextren sekalian.

Nah, untuk mengatasi masalah ini, berikut beberapa tips aman bertransaksi menggunakan Gojek dilansir dari Kompas.com.

Baca Juga: Gojek Siapkan 3 Fitur Baru yang Menarik, Berikut Ini Kegunaannya

1. Cek berkala menu “Logged in Device”

Kalian harus pastikan kalau perangkat yang terhubung dengan akun kalian hanyalah perangkat milik kalian.

Kalau menemukan hal yang mencurigakan segera hubungan tim customer center unit Gojek.

Baca Juga: Gojek Rekrut Mantan Teknisi NASA Sebagai Direktur Keamanan Informasi

2. Jaga kode verifikasi atau OTP.

Sama seperti PIN pada ATM, kode verifikasi ini sama pentingnya.

Jangan sampai kode verifikasi yang kalian dapat kemudian kalian serahkan ke orang lain.

Bahkan Gojek juga menganjurkan untuk tidak membarikan kode ini kepada orang yang mengaku sebagai karyawan Gojek.

Baca Juga: GoJek Masuk Daftar 10 Besar Aplikasi Transportasi Online Terlaris

3. Aktifkan PIN pada akun Gopay

Saat ini Gojek sudah menyediakan fitur PIN pengaman untuk mengakses rekening Gopay kalian.

Oh iya, penting juga untuk mengganti PIN ini secara berkala untuk berjaga-jaga.

Baca Juga: Pixerf dan Gojek Gelar Kontes Foto Bertema Foto Unik Dalam Kehidupan Sehari-Hari

4. Gunakan nomor hape dan email yang tetap

Pastikan kalian menggunakan nomor hape atau email pribadi untuk mendaftar ke akun gojek,

Pastikan juga kalau nomor dan alamat email tersebut memang kalian gunakan sehari-hari dan selalu aktif.

5. Hanya ikuti semua informasi dari sumber resmi Gojek Indonesia

Informasi berupa promo atau yang lainnya cukup sering beredar melalui pesan broadcast.

Jangan buru-buru tergoda, pastikan dulu semua informasi tersebut berasal dari akun resmi milik Gojek Indonesia untuk mencegah penipuan.

Baca Juga: Pemerintah Malaysia Akhirnya Izinkan GoJek Beroperasi di Negaranya

Bagi kalian yang sudah telanjur mengalami peniupuan, berikut ini beberapa kontak resmi Gojek Indonesia yang bisa kalian hubungi.

Halaman Bantuan atau Help pada aplikasi Gojek Email: customerservice@ gojek.com,Call Center: 021 - 5084 9000,Twitter: @gojekindonesia atau www.twitter.com/gojekindonesia,Facebook: www.facebook.com/gojekindonesia

Nah Sobat Nextren, semoga dengan tips di atas risiko penipuan dan kerugian yang bisa kalian alami bisa berkurang. (*)

Baca Juga: Daftar 20 Unicorn Paling Sukses di Asia, GoJek Masuk 10 Besar!

Editor : Wahyu Subyanto

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya