Laporan wartawan Nextren, Husna Rahmayunita.
Nextren.com - Iklan menjadi penunjang dunia bisnis yang tidak dapat dihindarkan begitu saja.
Iklan bukan hanya ada di televisi ataupun radio, tapi juga hadir di posel tercinta.
Saat membuka Google Play Store atau browser, seringkali menghadirkan beberapa iklan baik yang tampil melintasi garis atau di bagian notifikasi saat layar terkunci (lock screen).
Meskipun iklan tersebut memberikan keuntungan suatu produk, tapi iklan tersebut malah menganggu pengguna ponsel.
(Baca : Main Instagram Tapi Kuota Data Mepet? Begini Cara Mengiritnya, Wajib Tahu Nih)
Tapi tenang, Google tidak akan tinggal diam.
Seperti yang diketahui, beberapa tahun yang lalu, Google melarang iklan yang muncul di notifikasi.
Dikutip dari laman androidauthority, kini Google akan melakukan hal serupa pada lock screen.
Kebijakan ini kemudian disebut sebagai Monetisasi Lockscreen.
(Baca : Google Chrome Android Akan Rilis Fitur Ekspor Kata Sandi, Makin Mudah Sekaligus Aman)
Google tidak akan mengizinkan berbagai macam iklan ataupun fitur yang akan memenuhi tampilan perangkat yang sedang terkunci.
Sebuah aplikasi mungkin akan diizinkan tampil di lock screen, kecuali dengan tujuan eksklusif.
Aplikasi seperti pemutar musik dan permainan kasual tidak akan diperbolehkan menempatkan iklan dalam mode lock screen.
(Baca : Kini Makin Canggih, Google Perbarui Aplikasi Maps di iPhone X )
Namun aplikasi yang dirancang sebagai pengganti lock screen, akan diperbolehkan.
Bagaimana menurut kalian, bakal menganggu nggak nih? (*)