Laporan wartawan Nextren, Muhammad Andika Adistra.
Nextren.com-Dua aplikasi transportasi online yaitu Gojek dan Grab telah lama merajai pasar transportasi online di Indonesia.
Kedua aplikasi ini memiliki fitur dan layanan yang hampir sama satu dengan lainnya.
Kedua aplikasi ini sama-sama melayani jasa transportasi seperti ojek online, transportasi mobil dan jasa pengiriman baik makanan hingga barang.
Jika pada Gojek, kita dapat memesan taksi menggunakan aplikasi ini, hal ini bisa terjadi dikarenakan Gojek bekerja sama dengan pihak Blue Bird.
Baca Juga: Film Korea Kingdom 2 Akhirnya Segera Tayang di Netflix Seluruh Negara
Sedangkan, pada Grab, kita dapat membeli tiket bis serta menyewa mobil melalui aplikasi ini.
Ditambah, melalui aplikasi ini, kita dapat memesan hotel.
Namun ternyata, kedua raksasa aplikasi trasportasi online ini sedang gencar bersaing di pasar pengiriman makan loh Sobat Nextren.
Baca Juga: Oppo A9 Akan Meluncur Resmi di Indonesia Dengan 4 Kamera dan Baterai 5000mAh
Grab dan Gojek sendiri telah menjadi perusahaan start-up paling berharga di Asia Tenggara sebagian besar karena kekuatan bisnis perjalanan mereka.
Tetapi, sekarang mereka berada di tengah-tengah pertarungan makanan internasional.
Baca Juga: Nyari Paket Internet Unlimited Murah Buat di Rumah? Ada Promo ICON+ dan MyRepublic
Dalam waktu empat tahun saja, Gojek yang berbasis di Jakarta telahbermitra dengan400.000 pedagang makanan di seluruh lokasi di Indonesia, Vietnam dan Thailand.
Selain itu, Grab sendiri terus mengejar untuk bisa bersaing dengan Gojek.
Grab sendiri mendapatkan bantuan dana besar-besaran dariSoftBank Group dan akuisisi bisnis tumpangansertapengiriman makanan lokal Uber pada 2018.
PadaTahun ini saja, perusahaan itu mengatakan, telah melipatgandakan penjualan dan menggandakan mitra pedagangnya.
Baca Juga: Samsung Akan Luncurkan Galaxy Note 10 Yang Mendukung Cryptocurrency
Menurut grab.com, saat ini GrabFood telah tersedia di 178 kota di Indonesia dengan volume pengiriman yang tumbuh hampir 10 kali lipat dalam periode Desember 2017 hingga Desember 2018.
Selain itu, lebih dari 150 gerai makanan internasional dan nasional seperti McDonald’s, Bonchon, Dominos, Starbucks, Subway, Bakmi GM, dan masih banyak lagi.
Tidak hanya itu,jumlahmerchantdi Indonesia telah tumbuh sebanyak 8x dengan lebih dari 80%merchantGrabFood merupakan para pengusaha UMKM.
Baca Juga: Gojek Luncurkan Layanan GoFitness, Untuk Tingkatkan Gaya Hidup Sehat
Uniknya, Kedua perusahan transportasi online ini dipimpin olehorang yang sama-sama menempuh pendidikan di Harvard Business School loh Sobat Nextren.
Jadi, semakin seru aja ya pesaingannya.(*)