Tokopedia Gelar Kompetisi DevCamp 2019, Pemenangnya Berpeluang Direkrut Tokopedia

Senin, 02 September 2019 | 22:47
Tokopedia

Pemenang kompetisi DevCamp 2019

Laporan wartawan Nextren, Nicolaus Prama

Nextren.com – Bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, e-commerce Tokopedia telah purna menyelenggarakan kompetisi DevCamp 2019.

Berlangsung selama 6 hari hingga Sabtu, (31/08/2019) kemarin, kompetisi DevCamp 2019 menjadi ajang unjuk gigi para mahasiswa dalam bidang hackathon.

Puluhan mahasiswa tingkat akhir dari seluruh Indonesia mengikuti kompetisi bidang teknologi ini.

Baca Juga: Produk Laris Tapi Modal Habis? Pedagang Online di Tokopedia Bisa Kredit Hingga Miliaran

Tahun ini, kompetisi hackathon DevCamp 2019 melahirkan sebuah grup yang terdiri dari Dion Saputra (ITB), Ridwan Afwan Karim Fauzi (UGM), dan Azzam Jihad Ulhaq (ITS).

Tim tersebut berhasil menciptakan produk bernama Artpedia.

Fungsi Artpedia adalah mempertemukan seniman dengan para kolektor karya seni.

Dalam desain aplikasinya, Artpedia menggunakan teknologi Augmented Reality (AR), sehingga pengguna dapat melihat langsung karya seni yang dijual dengan mengarahkan kamera ke lokasi yang diinginkan.

Kehadiran AR ini mampu memberikan user interface yang interaktif dan imersif pada para pengguna.

Ini adalah tahun kedua kompetisi DevCamp digelar dan berhasil menarik minat lebih dari 1.600 pendaftar.

Ribuan pendaftar tersebut kemudian melalui proses kualifikasi yang ketat, termasuk psikotest, coding, hingga wawancara dengan HRD dan Divisi Teknologi Tokopedia.

Setelah melewati proses seleksi yang ketat, tersisa 39 peserta yang terbagi menjadi 13 grup masing-masing beranggotakan 3 mahasiswa dan dibimbing oleh Engineering Manager Tokopedia.

Selama 6 hari, para peserta akan menerima Basic Training dan Intensive Tech Training dan selama 20 jam berkompetisi hackathon dengan inovasi digital yang telah dibuat.

Baca Juga: Tahukah Kamu, Tokopedia Telah Berumur 10 Tahun, ini Faktanya!

VP of Engineering Tokopedia, Aswin Tanu Utomo menyebut ia berharap melalui DevCamp 2019 akan lahir lebih banyak talenta berbakat khususnya developer dari Indonesia.

“Semangat inilah yang ingin dikedepankan Tokopedia melalui kompetisi DevCamp 2019 agar peserta mengimplementasikan cara berpikir yang logis sehingga dapat memberikan solusi yang tepat bagi masyarakat secara umum,” tambah Aswin.

Tokopedia

VP of Engineering Tokopedia, Aswin Tanu Utomo (kiri) bersama para pemenang DevCamp 2019

Selain mendapat ilmu melalui pelatihan selama 6 hari, para pemenang juga mendapat total hadiah senilai Rp 69 juta, kesempatan magang, dan berpotensi menjadi karyawan Tokopedia bila telah lulus kuliah.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya