Bareng Xiaomi, Samsung Perkenalkan Sensor Kamera 108MP Pertama

Senin, 12 Agustus 2019 | 16:39
Samsung

ilustrasi ISOCELL Bright HMX

Laporan Wartawan NexTren, Arif Budiansyah

NexTren.com -Pada hari ini, (12/8/2019), Samsung secara resmi memperkenalkanISOCELL Bright HMX, sensor kamera smartphone pertama di dunia dengan resolusi 108 megapiksel.

Dalam pengembangan sensor terbaru ini, Samsung tidak sendirian, karena pihaknya berkolaborasi bersama Xiaomi.

Dilansir daripress release yang diterbitkanSamsung, ISOCELL Bright HMX juga menjadi sensor kamera smartphone pertama yang mengadopsi ukuran1/1.33 inci.

Serta, HMX diklaim dapatdapat menyerap lebih banyak cahaya dalam pengaturan cahaya rendah daripada sensorterdahulunya.

Baca Juga: Setelah Samsung Hilangkan Audio Jack, LG Menjadi Harapan Audiophile

Dengan memakai teknologi Tetracell yakni penggabungan piksel yang memungkinkan sensor untuk meniru sensor piksel besar, menghasilkan gambar jauh lebih terang dari 27MP.

HMX juga memiliki teknologi yang disebut Smart ISO, sehingga saat di lingkungan terang, sensor akan memilih tingkat penguatan yang sesuai dengan pencahayaan lingkungan sekitar dengan optimal.

Pada memotret denganISO yang rendah, sensor dapatmeningkatkan saturasi piksel agar foto terlihat jelas.

SedangkanpadaISO tinggi dalam pengaturan yang lebih gelap dapat membantu mengurangi noise dan juga menghasilkan gambar yang lebih jelas.

Baca Juga: Samsung Galaxy Note 10 & Note 10+ Ternyata Tidak Cocok Untuk Gear VR

Sensor ini juga dapat dipakai untuk pembuatan film karena HMX sudah mendukung perekaman video sampai resolusi 6K (6016 x 3384) dengan kecepatan 30fps.

Dengan adanya jalinan kerja sama antara Samsung dan Xiaomi, bisa dikonfirmasi secara tidak langsung kalau Xiaomi akan segera memproduksi ponsel dengan sensor HMX.

Sepertinya lini produk masa depan, Xiaomi Mi MIX 4 menjadi kandidat kuat sebagai ponsel pertama dengan sensor kamera 108 MP.

Sensor 108 MP sendiri menjadi tonggak baru bagi sektor fotografi pada smartphone karena besaran megapikselnya sudah seperti mirrorless bahkan DSLR kelas atas. (*)

Editor : Kama

Baca Lainnya