Kesan Pertama Vivo Z1 Pro, Main PUBG di Tengah Mati Listrik Seharian

Senin, 05 Agustus 2019 | 09:47
NexTren.com

Vivo Z1 Pro hadir dengan warna Sonic Blue dan Sonic Black. Yang dipegang redaksi adalah warna Sonic Black yang terlihat keunguan jika di bawah cahaya

Laporan Wartawan NexTren.com, Kama Adritya

NexTren.com -Handphone atau smartphone yang dibuat khusus untuk para gamers kini mulai menjamur di pasaran.

Vivo termasuk satu di antaranya yang ingin memanjakan para gamers lewat smartphone terbaru mereka yaitu Vivo Z1 Pro.

Redaksi NexTren.com berkesempatan untuk menguji secara langsung smartphone ini sebelum resmi diluncurkan pada tanggal 5 Agustus 2019 ini.

Vivo mengatakan bahwa Vivo Z1 Pro memang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan para gamers dalam bermain pada smartphone mereka.

Tak heran jika Vivo mengambil langkah ini, karena seperti kita ketahui bahwa Vivo juga serius saat terjun ke ranah dunia esports.

Tak main-main dengan langsung mendukung game esports yang populer di dunia saat ini, yaitu PUBG (Player Unknown Battle Ground).

Baca Juga: Ini Keunggulan Vivo Z1 Pro, Hape Berprosesor Snapdragon 712 dan Baterai 5000mAh

NexTren.com
Kama

Vivo Z1 Pro juga didesain optimal untuk bermain PUBG. Maka tak heran jika ada logo PUBG pada kotaknya

Vivo mendukung ajang bernama PMCO yang tersebar di seluruh dunia, di mana finalnya baru saja usai digelar di Berlin.

Keseriusan pada game semakin ditunjukkan dengan hadirnya Vivo Z1 Pro yang mengusung fitur-fitur dan spec yang sangat mendukung bermain dalam game.

Apa sajakah itu? Mari kita simak:

Baca Juga: Perbandingan Realme X dan Vivo V15 Pro, Hape Pop Up Kamera Mana yang Dipilih?

1. Spec terbaru dengan Snapdragon 712 AIE dan layar 6,53" FHD Ultra O Screen

Seperti kita ketahui, keluarga SoC terbaru dari Qualcomm adalah seri 700-an yang sudah mendukung kemampuan kamera depan dan belakang yang kekinian serta kemampuan prosesor yang kuat mengangkat game berat sekalipun.

Untuk itu, Vivo menyematkan SoC Snapdragon 712 AIE yang memang didesain untuk kekuatan gaming tinggi ditambah dengan kemampuan berpikir AI (Artificial Intelligence).

Prosesor terkini dengan desain 10nm dan clock speed 2.3 GHz ditambah dengan GPU Adreno 616 cukup kuat untuk bermain PUBG dengan settingan gambar High.

Bahkan nantinya akan ada update baru dari PUBG di mana kamu juga bisa menikmati settingan khusus Ultra High yang memanfaatkan spec dari Vivo Z1 Pro ini.

Ditambah dengan 4GB RAM dan 64GB internal memory, rasanya Vivo Z1 Pro sudah cukup mumpuni untuk menyimpan game-game terkini yang butuh spec tinggi.

Layar berukuran 6,53 inci FHD Ultra O Screen juga menampilkan gambar berukuran luas hampir tanpa pinggir dengan resolusi 2430x1080 sehingga dapat memberikan gambar yang jernih tanpa gangguan.

Kamera depan berupa pin hole atau lubang kecil di pojok kiri atas, tidak terlalu mengganggu tampilan.

Baca Juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Resmi Vivo Z1 Pro di Indonesia

2. Fungsi Multi Turbo

Karena Vivo Z1 Pro sudah menggunakan AI yang pintar, maka smartphone ini memiliki fitur Multi Turbo yang akan secara otomatis aktif saat kita bermain game.

Fitur Multi Turbo ini akan mempercepat kinerja prosesor sampai ke tingkat tertinggi demi memberikan kualitas gambar dan permainan yang optimal.

Kalau bermain game terlalu lama, maka kita akan dapat merasakan panas yang berlebih pada smartphone kita. Nah fitur Cooling Turbo akan aktif untuk sedikit mengurangi panas saat kita bermain game yang membutuhkan spec tinggi.

Hanya saja, panas yang bisa diredam terlalu kecil sehingga kita tetap akan merasakan panas ketika bermain. Untungnya, panas tersebut masih bisa ditolerir dan tidak terlalu mengganggu.

Fungsi AI tersebut juga konon dapat mempelajari pola penggunaan aplikasi kita, sehingga dapat mengutamakan aplikasi yang paling sering kita gunakan. Sayangnya redaksi NexTren.com belum terlalu lama memegang hape ini, sehingga belum dapat mengujinya.

Baca Juga: Prosesor Terbaru Mediatek Helio G90T Resmi Dirilis, Cocok Untuk Gaming!

3. Batre dahsyat 5000mAh

NexTren.com
Kama

Vivo Z1 Pro mengusung batre besar berukuran 5000mAh, yang masih menggunakan colokan USB biasa di samping colokan audio 3.5

Kalau menurut kami, fitur yang paling berguna bagi para gamer adalah batre berukuran 5000mAh yang disematkan di dalam Vivo Z1 Pro ini.

Kebetulan saat kami sedang mengujinya, sebagian besar wilayah di pulau Jawa dan Bali mengalami mati lampu atau padam listrik selama hampir lebih dari6 jam.

Bahkan di tempat redaksi, listrik padam sampai 8 jam lebih!

Tapi, ini justru menjadikan kondisi yang ideal untuk menguji kemampuan batre dari Vivo Z1 Pro ini.

Redaksi NexTren.com memainkan PUBG selama 2 jam berturut-turut dalam kondisi batre pada Vivo Z1 Pro yang kami uji dalam kapasitas 67%, dan ketika kami terpaksa berhenti bermain PUBG (akibat sinyal yang akhirnya tewas karena padamnya listrik) kapasitas baterai menunjukkan di angka 55%.

Hanya turun sekitar 12% saja, itupun dalam kondisi kurang ideal karena sinyal yang hilang timbul.

Setelah sinyal hilang, kami masih terus memaksakan Vivo Z1 Pro untuk menonton video, browsing ala kadarnya, memutar musik, sampai dijadikan lampu darurat sepanjang malam.

Sampai akhirnya listrik menyala, kapasitas batre di Vivo Z1 Pro tersebut masih berada di angka 27%.

Sungguh berjasa dalam menemani hari di kala listrik padam total. Terima kasih Vivo Z1 Pro!

Baca Juga: Komentar Nyeleneh Warganet Tentang Mati Lampu PLN, Singgung Jaman Batu

4. Kamera AI Selfie dan tiga kamera belakang

NexTren.com
Kama

Tiga kamera belakang berukuran 16MP, 8MP (wide), dan 2MP (depth) masih mengusung keunggulan Vivo pada segi kamera

Jujur, redaksi NexTren.com tidak sempat menguji kamera AI Selfie dikarenakan padamnya listrik yang membuat tim redaksi tidak cukup percaya diri untuk mengabadikan penampilannya lewat selfie.

Tapi sebelum padam, kami sempat menguji kamera belakangnya yang mengusung kamera utama 16MP, kamera super lebar 8MP, dan kamera kedalaman 2MP.

Hasilnya cukup baik, tidak jauh berbeda dengan kualitas kamera unggulan Vivo di seri flagship lainnya.

Foto lebar (wide) yang dihasilkan cukup lebar dan detail.

Hanya saja, kami tak berkesempatan menguji dalam kondisi rendah cahaya. Karena padamnya listrik benar-benar membuat memotret dalam kegelapan total tidak memungkinkan.

Mungkin nanti, setelah kami mengujinya selama beberapa hari akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Akhir kata, Vivo Z1 Pro cukup memanjakan para gamer. Terutama bagi kamu pemain game PUBG, di mana smartphone ini memiliki beberapa fitur yang dibuat khusus untuk game PUBG.

Sekarang, tinggal menantikan berapa harga resmi Vivo Z1 Pro yang rencananya akan dijual eksklusif di Lazada.

Baca Juga: Begini Rasanya Main PUBG Mobile di Hape RAM 1GB, Redmi Go dan Galaxy A2 Core

Nantikan kabar selanjutnya di NexTren.com ya! (*)

Editor : Kama

Baca Lainnya