Selebgram Pamer Tas Rp 20 Juta Anggap Netizen Miskin, Diingatkan Ditjen Pajak

Rabu, 31 Juli 2019 | 17:20
kompas.com

Cuitan akun akun twitter @tinystardustt yang bikin heboh netizen

Selebgram pamer kekayaan di media sosial bukanlah hal yang aneh, karena memang banyak yang melakukannya.

Namun jika ada yang pamer produk mahal sambil terang-terangan meledek netizen mungkin baru selebgram yang satu ini, yaitu akun @tinystardustt.

Tentu saja status meledek bahkan cenderung sudah mengarah penghinaan itu, ramai mendapat tanggapan netizen.

Pengguna twitter hari ini, Selasa (30/7/2019) ramai-ramai menggunakan tagar #tas20juta.

Baca Juga: Nggak Perlu Jadi Selebgram Untuk Punya Centang Biru Instagram

Hingga pukul 16.48, tagar ini menempati urutan kedua daftar trending di Twitter.

Tercatat sebanyak 1.074 pengguna Twitter berkicau menggunakan tagar ini.

Usut punya usut, tagar ini bermula dari unggahan seorang selebgram bernama Revina sekaligus pemilik akun Twitter @tinystardustt yang membahas mengenai tas dengan harga fantastis.

"Tas 20juta lebih buat apaan? Ga logis blablabla.. Simple sih kak. Lo miskin dan ga mampu, kami mampu. Ya kami beli," tulis Revina pada akun Twitter-nya @tinystardustt, Senin (29/7/2019) siang.

Baca Juga: Bocoranya Data Instagram Jutaan Selebgram, Selebriti dan Perusahaan

Unggahan Revina ini menuai berbagai komentar warganet.

Menariknya, tak hanya warganet, akun resmi Direktorat Jenderal Pajak ( Ditjen Pajak), @DitjenPajakRI ikut menanggapi unggahan selebgram dengan lebih dari 520.000 pengikut ini.

Pada Selasa (30/7/2019) pagi, akun Twitter Ditjen Pajak membalas unggahan Revina dengan mengirimkan gambar Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Orang Pribadi.

Tak lama kemudian, Revina balik membalas komentar akun Ditjen pajak tersebut.

Baca Juga: 7 Jurus Jitu Jadi Selebgram Kekinian, Bisa Bikin Lancar Rezeki Nih!

Ia memastikan sudah melaksanakan kewajibannya membayar pajak.

"Sans min, udeh," ujar Revina.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Hestu Yoga Saksama membenarkannya.

Saat dikonfirmasi terkait hal itu, pihaknya memang telah membentuk tim khusus sosial media yang diharapkan dapat menjalin interaksi langsung dengan masyarakat, termasuk para pesohor.

Hestu mengatakan, mayoritas anggota tim sosial media berusia milenial, sehingga diharapkan dapat melakukan sosialisasi semacam ini dengan gaya yang lebih end user.

Baca Juga: Cara Cepat Jadi Selebgram Berkualitas, Banyak Followers Banyak Uang

"Jadi 70 persen tim itu milenial. Jadi mereka melakukan edukasi semacam ini juga dengan cara yang milenial."

"Tujuannya memang memberikan edukasi kepada masyarakat yang milenial ya termasuk artis, YouTuber, selebgram, dan yang lainnya. Supaya mereka punya kesadaran membayar pajak kalau memang sudah punya penghasilan," ujar Hestu ketika dihubungi Kompas.com, Selasa.

Menurutnya, bukan kali ini saja admin media sosial Ditjen Pajak mengomentari langsung unggahan para artis.

Baca Juga: YouTuber Cilik Usia 6 Tahun Ini Beli Gedung Rp 153 Miliar di Lokasi Termahal Korea SelatanBeberapa saat yang lalu admin Ditjen Pajak juga melakukan edukasi taat pajak pada artis Rafi Ahmad hingga menanggapi unggahan putra Presiden RI, Kaesang Pangarep.

"Rasanya hal-hal semacam ini justru yang akan mengena kepada masyarakat tanpa harus mengganggu privasi seseorang atau yang harus dihindarkan adalah membuka rahasia SPT-nya seseorang. Itu yang tidak diperkenankan," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Heboh Tas Rp 20 Juta, Selebgram Ini "Disenggol" Ditjen Pajak"Penulis : Sherly Puspita

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya