TV Berlangganan Nexmedia Milik Grup SCTV Gratiskan Seluruh Chanel, Ternyata Mau Tutup

Selasa, 30 Juli 2019 | 19:15
bandt

Menonton TV

Laporan wartawan Nextren, Wahyu Subyanto.
Nextren.com - Penyedia TV berlangganan memang ada beragam perusahaan dan mereka menggunakan berbagai teknologi untuk memancarkan siarannya.
Umumnya layanan TV berbayar atau Pay TV menggunakan sinyal satelit untuk memancarkan siarannya, seperti IndoVision, Top Vision, Oke Vision, BIG TV, TransVision, Topas TV dan lainnya.
Ada pula yang menggunakan kabel serat optik seperti FirstMedia atau MyRepublic.
Namun ada satu layanan TV berbayar yang memakai teknologi yang benar-benar berbeda, yaitu Nexmedia milik grup Emtek atau SCTV.
Baca Juga: Netflix Luncurkan Paket Berlangganan Murah Mulai Rp 50 Ribuan di India, Indonesia Kapan?
Nexmedia menggunakan teknologi DVB-T (Digital Video Broadcasting-Terrestrial) yang mampu menyalurkan siaran layanan digital melalui frekuensi UHF/VHF.
Maka cukup menggunakan antena TV biasa yang saat ini digunakan sudah bisa menerima siaran Nexmedia (tergantung cakupan wilayah).
Bedanya, siaran TV digital dari Nexmedia ini diacak, sehingga hanya bisa diterima dengan decoder khusus yang sudah disediakan dalam paketnya.
Namun kabar kurang baik baru saja datang dari NexMedia, karena layanan TV berlangganan ini berhenti siaran dan akan menyiarkan tayangan terakhir mereka pada 31 Agustus 2019.
Baca Juga: Yang Perlu Diketahui Sebelum Berlangganan Netflix
Jadi mulai 1 September 2019, pelanggan tak bisa lagi mengakses NexMedia dan NexDrive.
Informasi tersebut muncul dari admin Twitter resmi NexMedia, @NexmediaTV sebagai jawaban dari pertanyaan netizen.
Awalnya adalah munculnya pesan masuk yang muncul di televisi mereka, sehingga pengguna NexMedia bertanya apa maksudnya hal itu.
"@NexmediaTV min saya dapat message ini artinya apa?" tanya akun @henbourne lewat postingannya dengan menunjukkan lampiran foto.
Baca Juga: Langganan Spotify Premium Kini Bisa Lewat Tokopedia, Bisa Dengar Lagu Sepuasnya
Foto tersebut memberi informasi sebagai berikut : Pelanggan yth, dengan ini kami informasikan bahwa NexMedia dan NexDrive akan menghentikan siaran pada 31 Agustus 2019.
Sebagai apresiasi kami, nikmati seluruh channel-channel NexMedia dan NexDrive secara gratis selama satu bulan mulai tanggal 1-31 Agustus 2019.
Info lanjut hubungi 15000739
Berita tersebut dibenarkan oleh Admin @NexmediaTV dan ditegaskan bahwa manajemen memutuskan untuk menghentikan tayangan mereka.
"Mohon maaf atas ketidaknyamanannya bro, hal tsb sesuai dgn keputusan Management kami dan dgn berat hati Nexmedia akan menghentikan tayangan efektif pertanggal 1 September 2019," tulis sang admin.
Baca Juga: Apple Bakal Bikin Layanan Langganan Game Ala Netflix
Bahkan tagihan bulan Agustus ini tidak bakal tercetak, dan pendebetan akan dinonaktifkan secara otomatis.
Lalu bagaimana jika pelanggan sudah membayar biaya berlangganan dalam waktu yang lama.
Jawaban Admin adalah hanya meminta nomor pelanggan yang bakal dicek, meskipun tidak jelas seperti apa solusinya.

Bahkan saat ada netizen yang menanyakan nasib receiver tv kabel di rumahnya, sang admin malah menjawab seolah bercanda. "Bisa disimpan saja bro :)", ujar sang admin @NexmediaTV. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya