Yuk Simak Indahnya Foto Pemenang iPhone Photography Awards 2019

Jumat, 26 Juli 2019 | 20:02

iPhone XR dengan Haptic Touch

Nextren.com -iPhone Photography Awards (IPPAWARDS) tahun 2019 akhirnya resmi mengumumkan pemenangnya untuk tahun ini.

Lomba fotografi kancah internasional ini didirikan oleh Kenan Aktulun sejak tahun 2007 dan selalu menampilkan beragam pemenang dengan hasil foto yang istimewa.

Berbeda dengan 10 tahun lalu saat kamera iPhone masih sangat minim, kini teknologi kamera di perangkat ponsel sudah sangat mumpuni untuk mengambil gambar sekelas kamera profesional.

Kenan Aktulunmengatakan bahwa belasan pemenang di iPhone Photography Awards tahun 2019 menampilkan jepretan yang sangat personal, fokus pada momen, emosi dan cerita.

Baca Juga: 5 Tips Buat Fotografi Smartphone, Penting Agar Hasilnya Bagus

Pemenang tahun ini dipilih dari ribuan entri yang dikirimkan oleh fotografer iPhone dari lebih dari 140 negara di seluruh dunia.

Pemenang Grand Prize dan Photographer of the Year Award, jatuh kepada Gabriella Cigliano dari Italia untuk foto berjudul Big Sister.

Sementara Photographer of the Year Award di posisi ke-1, ke-2 dan ke-3 adalah sebagai berikut

- Juara 1 ditempati oleh Diogo Lage dari Portugal untuk fotonya Sea Stripes- Juara 2 adalah Yuliya Ibraeva dari Rusia untuk fotonya Sorry, no movie today- Juara 3 dimenangkan oleh Peng Hao dari Tiongkok untuk fotonya Come Across.

Baca Juga: 5 Aksesoris Pelengkap Aktivitas Fotografi dengan iPhone

Pemenang 1, 2 dan 3 dalam 18 kategori diberikan kepada fotografer yang mewakili banyak negara di seluruh dunia termasuk Australia, Bahrain, Belarus, Brasil, Kanada, Cina, Prancis, Jerman, India, Italia, Jepang, Peru, Portugal, Rusia , Afrika Selatan, Taiwan, Inggris dan Amerika Serikat.

Cary Hazlegrove, salah satu anggota juri tahun ini, mengatakan, “Foto-foto yang masuk tahun 2019 ini yang tidak menjadi pemenang tetaplah hebat."

"Adalah pekerjaan menakjubkan karena bisa menyatukan planet ini melalui foto-foto.”

iPhone Photography Awards (IPPAWARDS) adalah kompetisi fotografi iPhone pertama dan terlama.

Baca Juga: Google One, Aplikasi Penyimpan Online Fotografi 4K yang Berbayar

Setiap tahun sejak itu, IPPAWARDS telah memilih jepretan foto terbaik di antara ribuan foto yang dikirimkan oleh fotografer iPhone dari lebih dari 140 negara di seluruh dunia.

Yuk simak indahanya foto-foto para pemenangiPhone Photography Awards 2019 ini

Gabriella CiglianoItalyPemenang Grand Prize, Photographer of the Year

ippawards
ippawards

Big Sister, karya Gabriella Cigliano

Big SisterTahun lalu saya menghabiskan satu bulan di Wasa, Tanzania, mengajar kelas anak muda yang penasaran dan luar biasa.

Sebelum kembali ke Italia, kami berhenti di Zanzibar, tempat foto ini diambil.

Saya masih bertanya-tanya bagaimana saya bisa menangkap momen yang tepat dalam semua keindahannya.

Saya hanya mengamati, beberapa meter dari mereka, tetapi mereka mungkin lebih ingin tahu tentang saya daripada saya tentang mereka, dan mungkin itulah sebabnya gadis itu menatap saya.

Kami tidak bisa banyak bicara, kecuali beberapa kata dalam bahasa Swahili yang saya pelajari di minggu-minggu sebelumnya, tetapi anak-anak itu pasti bisa berbicara dengan mata mereka.

Itu adalah salah satu hal terindah yang pernah saya lihat dalam hidup saya, dan saya akan mengingatnya selamanya.

Bagian yang terbaik adalah menunjukkan foto-foto itu kepada mereka dan ibu mereka, bagi beberapa orang itu adalah pertama kalinya mereka melihat wajah mereka.

Kegembiraan mereka tidak bisa dikatakan, sayangnya saat itu iPhone saya berada di tangan mereka dan saya tidak bisa memotretnya!

Lokasi: Zanzibar, AfrikaDipotret dengan iPhone X

Diogo LagePortugalJuara 1, Photographer of the Year

ippawards
ippawards

Sea Stripes, karya Diogo Lage

Sea StripesSea Stripes diambil di Pantai Santa Rita, Portugal di mana tenda pantai bergaris sangat khas dan mengatur suasana desa kecil yang panas dan terorganisir dengan baik.

Bermain bersama dengan suasana pantai yang tenang ini, seorang bather di kejauhan tampak bersemangat dengan kemeja bergaris.

Lokasi: Pantai Santa Rita, PortugalDipotret dengan iPhone SE

Yuliya IbraevaRussiaJuara 2, Photographer of the Year

ippawards
ippawards

Sorry, no movie today - karya Yuliya Ibraeva

Sorry, no movie today

Saat itu adalah hari yang sangat panas di Roma, Italia, bahkan aspal tampak mencair.

Kami memutuskan untuk pergi dari pusat kota untuk melihat pohon-pohon kuno di Taman Borghese dan menonton film Italia, tetapi saat kami tiba hujan mulai turun.

Kami tidak melihat filmnya, tetapi saya berhasil mengambil foto yang bagus.

Itu adalah momen perjalanan yang luar biasa yang tidak akan pernah saya lupakan.

Lokasi: Roma, ItaliaDipotret dengan iPhone 7 Plus

Peng HaoChinaJuara 3, Photographer of the Year

ippawards
ippawards

Come Across, karya Peng Hao

Come Across

Saya mengambil foto ini di padang pasir di Nevada, AS, di festival Burning Man.

Saya berdiri di jembatan dan melihat dua orang tersesat dalam badai pasir, tetapi setelah beberapa saat, sesuatu yang sangat istimewa datang, yaitu bola perak besar.

Lokasi: Nevada, ASDipotret dengan iPhone X

Selain 4 nama pemenang di atas, IPPAWARDS juga punya 18 kategori lainnya dan masing-masing juga memiliki 3 juara terbaik.

Beberapa kategorinya adalah Animals, Architecture, Floral, Landscape, Lifestyle, Nature, Panorama dan masih banyak lainnya.

Para pemenang di iPhone Photography Awards 2019 tersebar di beragam negara. Mulai dari Australia, Bahrain, Belarus, Brasil, Kanada, Cina, Prancis, Jerman, India, Italia, Jepang, Peru, Portugal, Rusia, Afrika Selatan, Taiwan, Inggris, dan Amerika Serikat.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya