Laporan Wartawan NexTren, Arif Budiansyah
NexTren.com -Pada 5 Juli 2019,OVO, platform penyedia layanan pembayaran, rewards dan layanan keuangan terbesar di Indonesia, meluncurkan OVO SmartCube.
OVO SmartCube merupakan smart vending machine pertama di Indonesia yang memiliki kemampuan analisis data dengan menyuguhkan pengalaman digital interaktif.
Sehingga, mampu menyesuaikan produk serta layanan dengan kebutuhan dan kebiasaan pengguna.
Saat ini, OVO SmartCube baru tersedia di Universitas Pelita Harapan, Lippo Mall Puri serta beberapa lokasi lain, siap untuk memberikan pengalaman menarik bagi pengunjung.
Baca Juga: Cara Ngutang Tanpa Biaya Tambahan dengan Fitur Pay Later OVO
Berdasarkan data terbaru Bank Indonesia, transaksi nontunai (cashless transaction) telah tumbuh lebih dari 12% yoy, dengan transaksi e-money nonbank mencatat kenaikan lebih dari 200%.
Data ini menunjukkan bahwa semakin banyak orang Indonesia mengadopsi transaksi nontunai dalam kehidupan mereka sehari-hari mereka, mulai dari e-commerce hingga transportasi, serta transaksi makanan dan minuman.
OVO senantiasa mengembangkan inovasi, kali ini dengan menyuguhkan pengalaman pembayaran nontunai yang terintegrasi, melalui OVO SmartCube.
Di satu sisi, inovasi ini mengutamakan strategi untuk membangun interaksi yang lebih kuat dengan pelanggan, namun di sisi lain juga menyediakan informasiinformasi bermanfaat bagi mitra dan penggunanya.
Baca Juga: Kominfo Ingin Go-Pay dan Ovo Bisa Digunakan di Luar Negeri Juga
Dengan memanfaatkan teknologi digital untuk membangun interaksi yang lebih kuat antara brand dan penggunanya.
OVO SmartCube memberikan pengalaman yang luar biasa bagi pengguna OVO melalui tampilan interaktif dan informasi yang disuguhkan secara real-time.
Selain dapat berbelanja berbagai kebutuhan, pengguna juga dapat memperoleh produk sampel merek yang diinginkan hanya dengan 1 Rupiah.
OVO SmartCube dirancang untuk dapat mengevaluasi preferensi konsumen menggunakan data analitik yang dapat menyediakan informasi secara instan.
Baca Juga: Riset: Situs Belanja Online Bisa Bikin Kita Boros Ternyata Memang Disengaja
"OVO SmartCube merupakan terobosan bagi brand untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan mereka, sambil memberikan pengalaman berbelanja yang menarik, terutama dengan meningkatnya adopsi transaksi nontunai," jelas Vira Shanty, Chief Data Officer OVO.
"Selain itu, OVO SmartCube memungkinkan interaksi yang lebih bermakna antara brand dengan konsumen dengan menyajikan pendekatan paling sesuai berdasarkan minat dan kebutuhan," sambung Vira.
Misalnya kapan pembelian dilakukan, apa yang dibeli oleh pelanggan, sehingga dapat dimanfaatkan oleh brand mitra untuk memberikan penawaran-penawaran yang sesuai dengan target.
Smart vending machine ini juga akan menampilkan video iklan dari brand mitra untuk menawarkan produk-produk mereka sehingga menjadikan OVO SmartCube sebagai layanan berbelanja digital satu atap bagi pelanggan.
Dengan peluncuran OVO SmartCube, perusahaan menegaskan kemampuan berinovasi dengan dukungan analisa data, yang memperkuat posisi OVO sebagai mitra bagi pelaku industri. (*)