Qualcomm Snapdragon 855 Mendapat Sertifikasi Keamanan Setara ATM

Rabu, 26 Juni 2019 | 13:03
Qualcomm Technologies, Inc

ilustrasi Snapdragon 855

Laporan Wartawan NexTren, Arif Budiansyah

NexTren.com -Sebagai chipset smartphone termutakhir saat ini, Snapdragon 855 buatan Qualcomm Technologies, Inc, terusberinovasi untuk memanjakan para konsumennya.

Demi memajukan perkembangan teknologi serta mengukuhkan sebagai SoC smartphone terbaik, Qualcomm telah meningkatkan keamanan pada Snapdragon 855.

Qualcomm Technologies, Inc, secara resmi mengumumkanbahwa Qualcomm Secure Processing Unit, sebuah elemen keamanan yang terintegrasi dengan Qualcomm Snapdragon 855, telah mendapat sertifikasi kemanan "Common Criteria EAL-4+".

Sertifikasi yang diakui secara internasional ini membuat Snapdragon 855 menjadi mobile system-on-chip pertama yang mendapatkan pengakuan keamanan setara dengan kartu pintar yang biasa terdapat di kartu ATM maupun kartu kredit.

Baca Juga: MediaTek Siap Saingi Qualcomm dengan Luncurkan Chipset 5G Lebih Murah

Qualcomm Secure Processing Unit yang terintegrasi membuat para OEM yang merupakan konsumen dari Qualcomm Technologies dapat menghemat biaya.

Jadinya, para konsumen dapat memangkas pengeluaran untukmanufaktur komponen tanpa mengorbankan keamanan.

Di saat yang sama tetap menawarkan peningkatan performa dan tenaga yang hadir melalui integrasi dengan proses fabrikasi teranyar.

Contoh dari penggunaan Qualcomm Secure Processing Unit antara lain terdapat pada Android Strongbox Keymaster dan Gatekeeper.

Baca Juga: Lenovo dan Qualcomm Garap Laptop Dengan Prosesor Snapdragon 8cx

Contoh lain penggunaan SPU antara lain didemonstrasikan di ajang MWC Shanghai minggu ini seperti kolaborasi Qualcomm Technologies dan Gemalto, perusahaan dari Thales, pada SIM (iSIM) terintegerasi.

Di masa depan, kemampuan seperti pembayaran offline , fungsi trusted platform module (TPM), transit, ID elektronik, dan dompet crypto sangat mungkin diwujudkan tanpa tambahan cip keamanan.

"Mendapatkan sertifikasi keamanan EAL-4+ merupakan sebuah pencapaian dalam perjalanan kami memberikan keamanan selevel dengan kartu pintar bagi konsumen dan pengguna Snapdragon," kata Jesse Seed, Senior Director Product Management, QualcommTechnologies, Inc.

Untuk penggunaan yang kemananan sebelumnya memerlukan chip yang terpisah kini dapat sepenuhnya terintegerasi dalam perangkat yang ditenagai oleh Snapdragon 855.

"Sertifikasi ini merupakan bukti dari kemampuan Snapdragon 855 dalam membawa terobosan yang pertama dalam industri terkait bagi pasaran dan merupakan demonstrasi dari kepemimpinan Qualcomm Technologies dalam bidang keamanan terintegrasi," tambah Jesse.

Baca Juga: Huawei Makin Terpojok, Setelah Qualcomm Pembuat Chip ARM Juga Putuskan Kontrak

Telah berada dalam tahap produksi, Snapdragon 855 dengan Qualcomm Secure Processing Unit menawarkan peningkatan karakter daya dan performa, selain fitur keamanan terdepan dalam industri.

Mobile platform ini telah diluncurkan di berbagai perangkat flagship saat ini.

Juga, Snapdragon 855merupakan platform komersial pertama yang mampu mendukung 5G multi gigabita, on - device AI, dan XR imersif secara bersamaan.

Hal ini membuka dekade baru dalam revolusi perangkat mobile. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya