Viral! Foto Panda Albino Pertama Di Dunia Tertangkap Kamera CCTV

Rabu, 29 Mei 2019 | 12:35
(AFP PHOTO / HANDOUT / WOLONG NATIONAL NATURE RESERVE)

Foto bertanggal 20 April 2019, yang diambil melalui kamera hutan di Cagar Alam Nasional Wolong, China, menunjukkan seekor panda albino berusia satu hingga dua tahun.

Laporan Wartawan NexTren, Arif Budiansyah

NexTren.com -Baru-baru ini, publik dibuat gempar karena hasil tangkapan kamera pengintai di Cagar Alam Nasional Wolong yangmenemukan panda albino raksasa pertama di dunia.

Panda tersebut terlihat memiliki bulu yang putih diseluruh badannya dan sedang berkeliaran di hutan bambu yang terletak di ketinggian 2.000 meter.

Cagar Alam Nasional Wolong, tempat foto panda raksasa ini diambil, berada di Sichuan, provinsi barat dayaTiongkok.

Baca Juga: Teori Fans Marvel Ini Viral Di Internet, Deadpool Adalah NoobMaster69?

Dikutip dari Gizmodo, para ahli dari Uni Internasional untuk Konservasi Alam(IUCN) danLife SciencesUniversitas Peking mengkonfirmasi kalau panda tersebut memiliki genetika albino.

Dimana Panda pada umumnya memiliki warna hitam dan putih serta bola mata berwarna hitam, sedangkanAlbinoini memiliki kondisi fisik berbeda yakni, warna putih dan bola mata berwarna kemerahan.

Dilihat dari foto itu juga, panda tersebut berusia antara satu hingga dua tahun, tetapi jenis kelaminnya tidak dapat ditentukan.

Hewan albinisme yang mengakibatkan kurangnya melanin pada kulit, sehingga sangat sensitif pada caha terik matahari.

Baca Juga: Video Vlogger Ini Viral, Niatnya Mukbang Malah Diserang Gurita Hidup

Namunalbinisme tidak secara langsung memengaruhi struktur tubuh normal atau kesehatan fisiologis, karena jika ditinjau dari foto tersebut kondisi fisik sang panda terlihat kuat dan sehat.

Sayangnya, spesimen ini mungkin kurang diuntungkan, karena penampilannya yang cerah dan mencolok dari pemangsa atau pemburu.

Aktifitas dari panda albino ini juga terus dipantau oleh para ahli setempat, karena sangat langka dan rentan.

Apalagi,dari daftar merah milikUni Internasional untuk Konservasi Alam(IUCN), panda normal pun telah diklarifikasikan sebagai hewan palingrentan karena keberadaannya kurang dari 1.000 sampai saat ini. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya