Aplikasi Streaming Musik Terbaik, Perbandingan Spotify dan Youtube

Rabu, 29 Mei 2019 | 20:10
mirror.co.uk

Merinding Saat Mendengarkan Musik, Tandanya Otak Kamu Spesial

Laporan wartawan Nextren, Muhammad Andika Adistra.

Nextren.com-Di Indonesia terdapat beberapa aplikasi untuk streaming musik yang menyuguhkan banyak pilihan lagu dari berbagai macam genre, Salah satunya adalah Spotify.

Aplikasi yang pada 2008 ini, telah melayani lebih dari seratus juta pengguna di seluruh dunia.

Pada Spotify kamu dapat menggunakan secara gratis ataupun berlangganan agar mendapatkan Spotify premium.

Baca Juga: Youtube Music & Google Play Music Berhasil Tembus 15 Juta Subscribers

Salah satu pesaing terbesar Spotify di Indonesia adalah JOOX namun, di luar negeri Spotify telah kedatangan pesaingan barunya yang dibuat oleh salah satu sosial media terpopuler di dunia.

Kali ini, Youtube mencoba melebarkan sayapnya pada bidang hiburan dengan membuat sebuahaplikasiterbaru.

9to5Google

YouTube Music Premium

Aplikasi terbaru milik Youtube ini dikenal dengan nama Youtube Music.

Youtube Music ini memiliki kesamaan dengan Spotify jika dilihat secara garis bisnis yang diterapkan.

Pengguna Youtube Music bisa memilih menggunakannya secara gratis dengan sisipan iklan atau membayar biaya berlangganan setiap bulannya tanpa iklan.

Untuk berlangganan Youtube Music ini pelanggan dikenakan biaya setiap bulannya sekitar 130.000 Rupiah namun, untuk di negara India, jika sudah berlangganan Google Play Music, pelanggan bisa juga menggunakan Youtube Music.

Aplikasi yang dimiliki Youtube ini bekerjasama secara langsung dengan Google yang menyebabkan pengguna bisa mendapatkan rekomendasi musik yang lebih akurat dengan melihat selera musik, tempat, dan waktu.

Digital Trends

ilustrasi mendengarkan musik dari Spotify

Pada Spotify sendiri, mereka tidak bekerja sama dengan Google, hal inilah yang menjadi nilai positif untuk Youtube Music.

Baca Juga: Spotify Mulai Uji Coba Car Thing, Perangkat Voice Assistant Mobil

Namun, jika dilihat dari musik katalog yang dimiliki oleh kedua aplikasi ini, Spotify lebih unggul tipis dibandingkan dengan Youtube Music.

Hal ini dikarenakan Spotify memiliki banyak pilihan lagu yang tersedia di dalam aplikasi ini.

Jika pada Youtube Music, pelanggan masihsering menemukan album musik yang tidak masuk ke aplikasi ini.

Masing-masing aplikasi ini memiliki podcast album yang dapat didengarkan namun, pada Youtube Music kita bisa menonton podcast video, video clip musik, dan video performence dari musisi.

Spotify memberikan secara eksklusif rekaman penampilan musisi populer dengan kualitas yang baik untuk para pelanggannya.

Selain itu, aplikasi yang dilaunching di Swedia ini, telah memiliki dekstop apps yang bisa dibuka di Mac dan perangkat Windows. Sedangkan Youtube Music tidak memiliki desktop apps namun, pengguna masih bisa membukanya melalui website.

Spotify memang masih menjadi aplikasi musik yang difavoritkan namun, Youtube Music juga memberikan penawaran yang menarik dan ini masih tahun awal bagi Youtube Music jadi, masih aplikasi ini masih sangat bisa berkembang.

http://www.gridnetwork.id/(*)

Editor : Kama

Baca Lainnya