Ada 2,5 Juta Pelanggan XL Mudik, Naik KA atau Mobil Dijanjikan Pasti Tercover 4G

Minggu, 26 Mei 2019 | 08:41
KOMPAS IMAGES / KRISTIANTO PURNOMO

Ilustrasi Mudik

Nextren.com - Semua sibuk, itulah yang dilakukan semua perusahaan dalam menghadapi arus mudik dan lebaran 2019.Saat arus mudik dan lebaran, pasti terjadi lonjakan penggunaan layanan operator.Hal itu harus diantisipasi agar tidak terjadi masalah saat hampir semua warga masyarakat ingin berkomunikasi dan bersilaturahmi.Termasuk operator XL Axiata, menjelang musim mudik Lebaran 2019, yang juga menerapkan antisipasi kenaikan trafik jaringan.

Baca Juga: Antisipasi Smartfren Hadapi Arus Mudik Lebaran 2019 di Sepanjang Pulau JawaTak terkecuali XL Axiata yang memperkirakan peningkatan trafik sekitar 20 persen. Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D. Yosetya mengatakan pihaknya telah memastikan kapasitas jaringan akan sanggup untuk mengakomodir kebutuhan pelanggan selagi mudik. “Kami sudah pasang lebih dari 1.700 BTS. Totalnya, bagian dari rollout kami, lebih dari 10.000 BTS, ujar Yessie ketika ditemui usai acara buka puasa bersama di kantor XL Axiata di Jakarta, Jumat (24/5/2019). Yessie mengklaim bahwa sinyal 4G LTE XL sudah mencakup 97 persen jalur mudik Trans Jawa hingga Probolinggo, Jawa Timur.

Baca Juga: Mau Mudik Lancar? Download Aplikasi CCTV Ini Untuk Pantau Arus Mudik

Sementara, untuk jalur kereta api, Yessie mengatakan sebanyak 93 persen sudah tercakup sinyal 4G LTE XL. “Duduk di kereta atau mobil no problem, pasti di-cover LTE.""Kami juga meningkatkan kapasitas upstream internet 1,5 kali.""Kami siapkan dua exchange di Singapura dan Australia,” lanjut dia.

Baca Juga: Cara Mudah Untuk Mencari Makanan yang Halal Saat Sedang Mudik

way
way

Yessie D Yosetya memaparkan kesiapan jaringan 4G XL

Diperkirakan sebanyak 2,5 juta pelanggan XL akan keluar dari Jakarta pada musim mudik Lebaran tahun ini. Untuk mengantisipasi hal tersebut, XL akan mengalokasikan kapasitas jaringan secara dinamis, tergantung daerah yang sedang membutuhkan. Yessie memperkirakan layanan voice dan SMS XL tak akan mengalami kenaikan signifikan selama musim mudik Lebaran, kalaupun meningkat. Sebagian besar trafik akan berasal dari layanan data.

Baca Juga: 3 Aksesoris Hape Yang Penting Dibawa Saat Mudik Naik Mobil Pribadi

Terlebih dengan semakin maraknya penggunaan layanan OTT untuk bersllaturahmi. Dia mencontohkan layanan pesan instan WhatsApp yang disebut mengalami kenaikan trafik data semenjak menghadirkan fitur perbincangan via video, khususnya group video call. “Mungkin video call WhatsApp bisa berefek ke trafik data nanti, apabila digunakan untuk silaturahmi,” pungkas Yessie.Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Persiapan XL untuk 2,5 Juta Pelanggan yang Mudik Keluar Jakarta"

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya