Konfirmasi, WhatssApp Akan Hadirkan Iklan di Stories pada 2020

Jumat, 24 Mei 2019 | 13:30
twitter.com/Olivier_ptv

Skema penayangan iklan di Facebook, Instagram, dan WhatsApp

Laporan wartawan Nextren, Nicolaus Prama

Nextren.com – Aplikasi chatting populer saat ini, WhatsApp, akan mengandung iklan pada 2020.

Keputusan ini dikonfirmasi oleh Facebook saat menggelar Facebook Marketing Summit di Belanda, 21 Mei 2019 kemarin.

Iklan pada WhatsApp ditayangkan melalui fitur status/stories.

Baca Juga: 3 Aplikasi Chatting Alternatif Untuk Pengganti Saat WhatsApp Mati

Kabar ini pertama kali muncul pada cuitan Olivier Ponteville, kepala agensi digital marketing BeConnect yang hadir dalam acara tersebut.

Bila sudah diluncurkan, besar kemungkinan iklan yang ditampilkan oleh WhatsApp sama seperti iklan pada Stories di Instagram.

Pada Instagram, pengguna akan diselipkan sebuah iklan saat sedang swiping stories akun yang diikutinya.

Prediksi ini didasarkan karena WhatsApp dan Instagram masih berada di bawah payung perusahaan teknologi besar, Facebook.

Jika ini benar terwujud, maka WhatsApp sudah tidak lagi menjadi aplikasi chat yang rahasia bagi pengguna.

Seperti diketahui, dalam membuat iklan, biasanya tim marketing dan agensi akan melakukan riset pasar dan perilaku konsumen.

Baca Juga: VPN Bisa Buka Blokiran WhatsApp Instagram, Namun Waspadai 4 Bahayanya

Data riset perilaku konsumen dan pasar ini biasanya berasal dari cookies dan tracking yang sengaja dilakukan oleh perusahaan teknologi pada penggunanya.

Artinya, dengan kita membuka WhatsApp, maka perilaku dan kebiasaan kita akan dengan mudah terdata.

Grup Facebook kerap diserang perihal privasi pada aplikasinya termasuk Instagram.

Kemarin beberapa data rahasia pengguna Instagram telah bocor dan membuat kepercayaan pengguna pada Facebook menurun.

Tidak hanya hadirkan iklan di WA status, Facebook juga kembangkan fitur baru pada WhatsApp Business dan WhatsApp Catalog.

(*)

Tag

Editor : Kama