Pilah-Pilih Travel Umroh Aman Lewat Aplikasi Marketplace Umroh Safar

Jumat, 03 Mei 2019 | 22:25
Safar

aplikasi Safar - Marketplace travel umroh

Laporan wartawan Nextren, Wahyu Subyanto.

Nextren.com – Belakangan ini, perusahaan travel umroh mungkin masih mendapat cap negatif.

Hal itu karena skandal travel umroh fiktuf dari First Travel dan Abu Tours, yang menggelapkan dana nasabah hingga triliunan rupiah.

Maka muncul keinginan untuk memberi solusi bagi masyarakat yang ingin mendapatkan travel umroh yang aman, secara mudah dan cepat.

Perusahaan travel technology PT Safar Anugerah Indonesia (Safar) mengumumkan soft launching aplikasi online marketplace untuk perjalanan umrah di Jakarta (2/5).

Pengumuman ini dilakukan dengan dukungan dari salah satu anak perusahaan Telkom Group, PT Metranet yang memiliki fokus bisnis monetisasi industri online seperti konten mobile, commerce, online ticketing, dan social network game.

Baca Juga : Extramarks Indonesia, Aplikasi Belajar Digital yang Bisa Diakses Dari Mana Saja

Setyo Budianto Digital Consumer Director PT Metranet mengungkapkan, PT Metranet memiliki komitmen besar untuk mengembangan industri digital di Indonesia.

“Kami melihat Safar memiliki potensi growth yang cukup tinggi. Dalam kemitraan ini, Metranet berperan sebagai partner untuk pengembangan strategi pemasaran dan sosialisasi produk Safar ke berbagai calon mitra serta calon konsumen," ujar Setyo.

Pihaknya optimis pendistribusian iklan digital Safar dapat menyasar ke target audiens yang tepat sesuai dengan profil Safar, karena dilakukan lewat melalui platform digital advertising Metranet.

Kedua pihak juga akan fokus melakukan pengembangan bisnis ke depannya untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam lingkungan bisnis industri umrah yang nantinya akan meningkatkan value chain ke semua pelaku bisnis di industri ini.

Baca Juga : Ramaikan Grup Whatsapp Dengan Sticker Ramadhan Dari Aplikasi Ini

Berdasarkan data Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi tahun 2018, negara di Asia menempati posisi teratas dalam hal jumlah jemaah umrah. Pakistan menempati urutan pertama, disusul oleh Indonesia di urutan kedua.

Berdasarkan data dari World Travel and Tourism tentang bisnis wisata Islami, bisnis umrah di Indonesia sampai tahun 2018 bisa meraup keuntungan Rp 3,16 triliun.

Angka ini didukung catatan Kementerian Agama Republik Indonesia tentang kenaikan jumlah jemaah umrah yang mencapai 1.100.000 orang di tahun 2018.

Aplikasi untuk perjalanan umrah ini ditujukan untuk membantu para calon jemaah Indonesia yang hendak merencanakan perjalanan umrah dengan lebih gampang dan aman.

Baca Juga : Aident, Aplikasi Pendeteksi Kejahatan dan Aktivitas Mencurigakan

way
way

aplikasi Safar

“Gampang, yakni pengguna dapat mencari paket umrah melalui langkah yang mudah, serta proses pembelian yang ringkas dan cepat."

"Aman, di mana dana dari jemaah akan tersimpan dengan aman di joint account dan hanya bisa dicairkan ketika mitra travel telah menyelesaikan tanggung jawabnya pada jemaah,” tutur Andang.

Safar berkomitmen untuk memberikan nilai tambah kepada calon jemaah dan jemaah umrah melalui tiga jenis layanannya, yaitu :- online marketplace sebagai penyedia ragam biro perjalanan umrah secara online, - travel management system yang mengelola data ketersediaan paket umrah secara lengkap, dan - travel assistance yang merupakan pendampingan kepada calon jemaah selama proses perjalanan umrah.

Baca Juga : Mudahnya Belanja Buah dan Sayur Lewat Aplikasi Ini

Lewat aplikasi online marketplace umrah ini, pengguna juga akan menikmati fitur-fitur berikut:

1. Mencari paket dan membeli paket umrah.

2. Submit dokumen calon jemaah kepada mitra travel untuk proses persiapan perjalanan umrah.

3. Keamanan dana jemaah dengan penerapan dan pemanfaatan teknologi transaksi terkini.

4. Kenyamanan bagi jemaah dengan informasi pendampingan langsung dari aplikasi selama ibadah umrah.

Baca Juga : Google Maps vs Waze, Mana Aplikasi Navigasi Yang Terbaik Saat Ini?

5. Komunikasi dan update informasi antara jemaah, Safar, dan mitra travel melalui aplikasi.

6. Pengembangan fitur aplikasi untuk meningkatkan kenyamanan calon jemaah dalam menjalankan ibadah umrah baik sebelum, selama perjalanan umrah dan hingga setelah kembali ke Tanah Air.

7. Kerjasama intensif dengan mitra travel untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelaksanaan proses umrah.

“Sebagai penghubung antara mitra travel umrah dengan publik, kami ingin terus menjaga kualitas dan kontrol layanan agar benar-benar menghadirkan nilai tambah dari segi kemudahan dan keamanan bagi para peminat umrah."

Baca Juga : Mau Jadi Influencer? Begini Cara Mudahnya Lewat Aplikasi Tokopedia

"Terlebih umrah adalah perjalanan religius dimana kami ingin pengguna Safar bisa fokus beribadah tanpa memikirkan hal-hal teknis selama perjalanannya. Karenanya kami memiliki tiga fase pendampingan dan monitoring selama umrah,” tambah Andang.

Pada fase persiapan, Safar dan mitra travel umrah yang dipilih akan mendata kelengkapan berkas jemaah, seperti tiket, paspor, visa, vaksinasi dan lainnya.

Di fase keberangkatan, jemaah dapat menggunakan aplikasi Safar untuk memantau jarak dengan masjid, penginapan, dan pusat perbelanjaan.

Fase kedatangan merupakan bagian terakhir dari perjalanan, Safar menyediakan opsi dokumentasi, memorabilia bahkan pencatatan alumni perjalanan untuk menjaga silaturahmi.

Baca Juga : Mau Cari Promo Restoran Disekitar Kamu? Coba Pakai Aplikasi Ini

Semakin tinggi animo masyarakat muslim untuk beribadah ke tanah suci, semakin besar pula dampaknya pada kemunculan pelaku bisnis di industri ini. Terlebih di era digital, masyarakat akan semakin terdorong untuk membandingkan biro travel yang satu dengan yang lainnya melalui internet, selain tentu masih mengandalkan testimoni atau pengalaman dari kerabat atau teman.

Proses screening mitra travel Safar dilakukan secara internal mulai dari pengecekan data di Kementerian Agama, penetapan kandidat (shortlisting) dan pendekatan langsung ke mitra potensial.

Sampai saat ini Safar sudah memiliki 11 mitra travel dan sampai akhir tahun 2019 perusahaan menargetkan untuk memiliki 50 mitra travel dari seluruh Indonesia.

“Kami menyadari industri ini sangat mengutamakan kepercayaan."

Baca Juga : Aplikasi KPU Pemilu 2019 Kalahkan Whatsapp di Play Store, Jadi Aplikasi Gratis Terbaik

"Sebagai middle man, kami perlu menjaga kepercayaan dari sisi jemaah dan mitra travel. Karenanya, fokus kami saat ini adalah menjalin komunikasi personal kepada calon mitra-mitra travel dan masyarakat tentang layanan kami."

"Ke depan, Safar akan mengadakan roadshow ke kota-kota lain, baik dalam usaha untuk menjalin hubungan kerjasama dengan calon-calon mitra travel, dan sekaligus juga untuk memperkenalkan Safar secara langsung kepada pasar dan calon-calon jemaah,” tutup Andang.

Safar Anugerah Indonesia adalah perusahaan swasta berdiri pada 7 Agustus 2018 di bidang sistem portal elektronik dengan fokus pada marketplace dan jaringan bisnis di industri umrah

Adapun Metranet adalah anak perusahaan PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) yang berdiri 17 April 2009 dengan fokus di bisnis monetisasi industri online seperti konten mobile, commerce, online ticketing, dan social network game. (*)

Tag

Editor : Wahyu Subyanto