Selain BBM, 5 Aplikasi Chatting Populer Ini Juga Resmi Tutup

Minggu, 21 April 2019 | 12:27
Tribun News

Blackberry Messenger resmi tutup tanggal 31 Mei 2019

Laporan Wartawan NexTren, Arif Budiansyah

NexTren.com- Kabar buruk datang dari aplikasi chatting terpopuler yang dulu sempat berjaya di Indonesia, BlackBerry Messenger (BBM) resmi akan tutup pada 31 Mei 2019.

Berdasarkan keterangan tertulis di blog BBM, salah satu alasan pihaknya menutup layanan chatting ini adalah sulitnya mendapatkan pengguna baru.

Jika kita sandingkan, BBM dirasa memang kalah bersaing dari aplikasi serupa sebut saja, Whatsapp, Telegram, Facebook Messenger, ataupun Line.

Sebelum BBM, ini sejumlah aplikasi chatting terpopuler yang telah resmi tutup lebih dulu :

Baca Juga : Gantikan BBM, BlackBerry Akan Luncurkan Aplikasi BBMe. Apa Bedanya?

1. Google Allo

tribun news

Google Allo

Google Allo meruoakan sebuah aplikasi chatting yangmemiliki tujuan untuk mempermudah proses komunikasi dan berusaha mengantikan peran SMS.

Walau memiliki inisiatif yang bagus, aplikasi chatting buatan Google ini, menyatakantutup usia pada Maret 2019 lalu dan lebih fokus pada pengembangan lainnya.

Di Indonesia sendiri, Google Allo tidak memiliki euforia yang besar seperti Whatsapp dan Facebook.

2. Yahoo Messenger

Tribun news

Yahoo Messenger

Yahoo Messenger bisa disebut sebagaiaplikasi chatting terpopuler tahun 2000an.

Aplikasi ini menjadi juara pada jamannya, sebagai layanan pesan instan yang hanya tersedia di dekstop, sebagai alternatif komunikasi via e-mail dan SMS.

Dirilis pada 9 Maret 1998, akhirnya aplikasi ini resmi ditutup pertanggal 17 Juli 2018

Namun, Yahoo telah menyiapkan aplikasi sebagai pengganti Yahoo Messenger yakni Yahoo Together dengan segudang fitur memumpuni.

Baca Juga : Aplikasi Baru Pengganti Yahoo Messeger yang Telah Gulung Tikar

3. Migme

tribun news

Migme

Rasanya cukup asing mendengar nama Migme bukan?

Perlu kamu tahu, aplikasi ini merupakan penerus dari pionir aplikasi chatting yang sangatmelegenda yaitu Mig33.

Walau menyandang nama besar, Migme tidak bisa mengakusisi sejumlah aplikasi chatting populer lainnya dan resmi tutup pada26 November 2017.

4. Friendster

wheninmanila

Friendster

Jauh sebelum Facebook terkenal seperti sekarang, Friendster merupakan sebuah platfor chatting terpopuler yang digunakan anak muda.

Layanan ini memungkinkan pengguna berkomunikasi dengan anggota lain, serta berbagi konten dan media daring dengan anggota tersebut.

Friendster sebenarnya masih ada sampai sekarang, namun mereka menghapus semua konten dan fiturnya, dan kini beralih menjadi sebuah situs permainan.

5.Path

path.com

Path

Path adalah salah satu aplikasi sosial media yangpopuler yang meluncurkan aplikasi chat terpisah layaknya Facebook dengan nama Path Talk.

Path sendiri memiliki sejumlah fitur andalan yang dapat memberikan kebebasan bereksperi seperti membagikan foto, video, ataupun lokasi.

Sayangnya, seiring waktu aplikasi ini kalah bersaing dengan beberapa aplikasi populer lainnya seperti Instagramdan resmi tutup pada18 Oktober 2018

Dari daftar yang tertera di atas, aplikasi mana yang sangat berkesan bagi kalian?

Tulis cerita kalian di kolom komentar ya sobat NexTren.com.

Kalau dari kaca mata penulis, Friendster yang paling sangat berarti, karena dahulu aplikasi tersebut bisa menjadi tempat mencari jodoh yang pas. (*)

Editor : Kama

Baca Lainnya