Upaya Babe Memerangi Golput Melalui Berita Nyata dan Tepercaya

Selasa, 16 April 2019 | 16:47
Kompas.com/Garry Lotulung

Capres Jokowi dan Capres Prabowo berbincang akrab

Nextren.com - Besok, Rabu 17 April 2019 adalah hari bersejarah bagi rakyat Indonesia, karena ada hajatan besar negara untuk memilih para pemimpinnya.

Tak hanya memilih Presiden dan Wakil Presiden, namun sekaligus juga memilih anggota DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota.

Namun Lembaga Survei Indikator baru-baru ini merilis sebuah data yang sedikit mengkhawatirkan mengenai Pemilihan Presiden 2019 mendatang.

Data itu menyebutkan, bahwa ada sekitar 20% masyarakat Indonesia bersedia untuk melepaskan hak pilih mereka atau biasa disebut dengan golput.

Baca Juga : KawalPemilu.org Buat Program #PantauFotoUpload Untuk Jaga Suara Rakyat

Padahal, jumlah golput dalam Pemilihan Umum tahun ini akan berdampak pada masa depan Indonesia dan warga negaranya untuk lima tahun ke depan.

Walaupun masing-masing pribadi punya alasan mengapa memilih untuk golput, tetapi faktor terbesar di balik pilihan tersebut karena didorong oleh informasi yang salah, dan juga kurangnya pengetahuan.

Ketika informasi yang salah atau berita bohong beredar, maka fakta yang dipaparkan oleh sumber tepercaya otomatis akan terkubur dan sulit untuk menjangkau masyarakat, karena peredaran berita bohong bergerak lebih cepat.

Di sisi lain, dibutuhkan waktu untuk memeriksa fakta, sumber, dan informasi yang salah untuk dapat menyampaikan klarifikasi kepada masyarakat.

Baca Juga : Jelang Pemilu, Hacker Terus Serang Situs KPU Pakai IP Address dari China dan Rusia

Pada akhirnya mencari sebuah kebenaran menjadi proses yang panjang dan melelahkan bagi sebagian orang.

Melihat tantangan tersebut, BaBe bekerjasama dengan organisasi khusus pemeriksaan fakta terkemuka MAFINDO dan rekan media Tempo dan Viva, meluncurkan kanal ‘BaBe Ungkap Fakta’.

Hal ini sebagai bagian dari langkah dan inisiatif lanjutan dalam memberantas berita bohong.

BaBe sebagai platform yang berkomitmen untuk menyediakan berita terbaru dan tepercaya, menyebutkan beberapa alasan mendorong warga untuk tidak berkecil hati dengan informasi yang salah dan tetap ingin menggunakan hak pilih mereka.

● Kamu Memiliki Peran yang Besar

Percaya atau tidak, kamu sebagai warga Indonesia memiliki andil yang sangat besar dalam pemilihan presiden dan wakil presiden mendatang.

Masa depan Indonesia untuk 5 tahun ke depan ada di tangan kamu sebagai warga Indonesia.

Satu suara memiliki dampak untuk lima tahun ke depan.

● Kamu Menentukan Kualitas Hidupmu

Kamu memiliki kekuatan untuk memutuskan kualitas hidup yang kamu inginkan untuk diri sendiri dan generasi mendatang.

Dengan turut aktif dalam memilih wakil rakyat dan menggunakan hak suara dengan baik, merupakan kesempatan bagi kamu untuk berdiri dan mengeluarkan pendapat terhadap isu-isu yang kamu pedulikan

Misalnya aspek sosial mengenai transportasi umum, sarana dan prasarana bahkan aspek ekonomi yang dapat ditingkatkan guna memperoleh kehidupan yang lebih baik.

Ini adalah tentang hidup kamu dan kamu punya hak untuk menyisihkan waktu dalam membantu memutuskan apa yang terbaik untuk kamu sendiri, untuk orang yang kamu cintai dan sesama warga negaramu.

● Kamu Dapat Berkontribusi pada Pertumbuhan Indonesia

Apakah kamu ingin membuat dampak positif bagi orang sekitarmu?

Kamu bisa memilih pemimpin masa depan, orang yang kamu pikir terbaik untuk membawa Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi secara sosial, ekonomi, dan sebagainya.

Shelly Tantri S, Head of Business Development, BaBe, dalam keterangannya kepada Nextren mengatakan, “BaBe merupakan agregator berita yang mengumpulkan informasi akurat dengan tujuan selalu memberikan informasi yang mendidik, dan menghibur jutaan masyarakat Indonesia.

"Selama ini, kami selalu memastikan bahwa BaBe akan menjadi salah satu wadah tepercaya bagi seluruh warga Indonesia untuk mendapatkan sumber berita yang tepat dalam membuat keputusan."

"Mereka telah terinformasi dengan benar tentang para kandidat ketika memberikan hak suara selama Pemilu 2019."

"Kami juga berharap bahwa platform BaBe dapat membantu mengurangi tingkat golput karena itu kami terus memberdayakan masyarakat Indonesia dengan informasi yang kredibel,” tambah Shelly.

Menjelang Pemilu 2019, BaBe memperkenalkan kanal khusus untuk Pemilu dimana pengguna dapat membaca semua konten mengenai Pemilu 2019.

Isinya termasuk Informasi tentang Pemilu (langkah lengkap dan jadwal Pemilu 2019), periode Kampanye, profil kedua kubu, dan juga cara memilih ketika di TPS.

Selain itu BaBe juga memiliki program livestreaming debat kandidat capres-cawapres yang bekerja sama dengan media terkemuka di Indonesia.

Juga dilengkapi dengan fitur opini, di mana BaBe sebagai platform dapat menghubungkan dan menjembatani pengguna dengan para tokoh penting.

Tujuannya agar tidak terjadi kesenjangan sehingga terjadinya diskusi atau berbagi pendapat antara pengguna dan para tokoh menjadi lebih mudah.

Dengan banyaknya alternatif media yang memudahkan kamu untuk mencari berita seputar Pemilu 2019, maka bukan alasan lagi untuk tidak berpartisipasi dalam Pemilu 2019,

Jadi, pastikan kamu datang dan berada di tempat pemungutan suara (TPS) terdekat pada tanggal 17 April 2019.

Selamat memilih! (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya