Jam G-Shock G-Squad GBA 800, Olahraga dengan Teknologi yang Nanggung

Selasa, 09 April 2019 | 13:58
Casio

G-Shock seri G-Squad GBA 800 yang memiliki fitur Step Tracker yang berguna untuk dipakai berolahraga

Laporan Wartawan NexTren, Kama Adritya

NexTren.com -Jam tangan merupakan salah satu gadget yang berkembang seiring waktu.

Bukan hanya sekadar untuk menunjukkan waktu, kini jam juga bisa digunakan untuk pendamping kita saat berolahraga.

G-Shock adalah jam tangan yang tak lekang oleh waktu.

Tak heran kalau jam yang satu rumpun dari Casio ini kerap kali dijadikan sebagai benda koleksi oleh para penggemarnya.

Maka ketika G-Shock mengeluarkan model baru yang memiliki fitur untuk berolahraga, orang akan langsung berpikir bahwa G-Shock mengeluarkan smartwatch.

Sayangnya, tidaklah demikian.

Baca Juga : G-Shock Terbaru Bisa Dibeli Mulai 27 April, Ini Cara Dapatkan Cashback

Kama
Kama

G-Shock G-Squad GBA 800 yang dipinjamkan ke redaksi NexTren berwarna hijau army yang keren

Bukan Smartwatch tapi Step Tracker

G-Shock G-Squad GBA 800 yang mengusung fitur canggih untuk berolahraga bukanlah sebuah smartwatch.

Melainkan sebuah jam tangan dengan kualitas terbaik yang disematkan 'beberapa' fitur pintar yang ada pada smartwatch.

G-Shock memang tidak mengklaim bahwa G-Squad GBA 800 adalah sebuah smartwatch, mereka bahkan hanya menyebutkan bahwa jam ini mengusung fitur Step Tracker.

Step Tracker sendiri adalah fitur yang berfungsi untuk menghitung langkah yang kita ambil.

Dari jumlah langkah tersebut, maka aplikasi tambahan dapat memperhitungkan jumlah kalori yang kita 'bakar' dan menentukan target agar kita dapat memiliki berat badan yang ideal.

Namun, fitur Step Tracker ini menggunakan sensor ayun atau acceleromater (akselerometer 3 sumbu) untuk menentukan jumlah langkah yang 'kira-kira' kita ambil.

Baca Juga : Keunggulan G-Shock GA-2000, Jam Tangan Stylish Cocok Untuk Milenial

Karena hanya menggunakan sensor ayun yang mengandalkan daya ayun terjun bebas (atau dengan kata lain ayunan tangan saat berlari atau berjalan), kadang jam ini tidak dapat memberikan hasil yang akurat.

Meski kita sedang berlari atau berjalan cukup jauh, namun kalau tangan kita tidak terayun maka sensor jam tidak akan mencatatnya sebagai satu langkah.

Misalnya saat berjalan sambil kita mengecek jam, sehingga tangan kita tidak bergerak. Maka langkah yang kita ambil saat itu tidak akan tercatat.

Hal ini tentunya cukup menyebalkan, karena pada smartphone kelas entry level saja sudah ada sensor gerak yang lebih akurat. Namun tidak demikian pada jam G-Shock GBA 800 ini.

Kama
Kama

Lampu yang menerangi jam ini saat gelap terlihat cukup terang, dan dapat menyala otomatis saat kita ayunkan untuk melihatnya.

Bukan Fitness Tracker juga

Sayangnya, hanya itu saja fitur yang ditawarkan oleh jam ini.

Jangankan fitur smartwatch, fitur lain yang biasanya ada pada fitness tracker atau smart band tidak terdapat pada jam ini.

Seperti detak jantung atau heart rate yang sudah menjadi fitur umum di fitness tracker yang harganya bahkan hanya di bawah 1 juta.

Karena GBA 800 hanya mengusung Step Tracker, jam ini membutuhkan 'pendamping' agar terlihat pintar.

G-Shock G-Squad membutuhkan sebuah smartphone.

Baca Juga : G-Shock Umumkan 4 Produk Terbaru Dengan Bahan Material Serat Carbon

Kita bisa menggunakan iPhone maupun Android yang lalu kita hubungkan ke jam ini melalui Bluetooth.

Kemudian kita download dan gunakan aplikasi bernama G-Shock Connected yang akan mengambil data Step Tracker tadi untuk menghitung jumlah langkah dan kalori yang kita habiskan per hari ataupun per minggu.

Sayangnya, Bluetooth yang digunakan tidak cukup stabil. Sehingga kita kerap kali harus melakukan pairing setiap kita ingin menghubungkan keduanya setelah beristirahat cukup lama (misalnya saat sedang tidur).

Meski demikian, proses pairingnya cukup mudah. Cukup tekan tombol selama 2 detik, maka jam akan langsung terhubung kembali ke smartphone kita.

Kama
Kama

Jam ini membutuhkan aplikasi pada smartphone kita yang bernama G-Shock Connected agar dapat mencatat pencapaian kita

Aplikasi G-Shock Connected

G-Shock G-Squad GBA 800 membutuhkan smartphone kita agar dapat mencatat pencapaian kita selama berolahraga (atau sekadar berjalan).

Jam ini 'meminjam' fitur GPS yang berada pada hape kita agar dapat mencatat lokasi kita, ala fitness tracker atau smartband.

Hanya saja, GPS ini tidaklah terlalu akurat dan hanya mencatat lokasi kita dalam radius 100 meter.

Sehingga penggunaan GPS tidaklah menambah akurasi dari pencatatan jumlah langkah yang kita ambil.

Meski demikian, aplikasi ini cukup baik dalam menghitung pencapaian kita. Termasuk dengan menentukan target yang ingin kita capai.

Baca Juga : Ini Harga Resmi Dan Kelebihan Seri G-Shock Terbaru Di Indonesia

Sayangnya kalau kamu lupa menghubungkan ke bluetooth, maka pencapaian kamu tidak akan tercatat dengan baik.

Ada batas maksimal penyimpanan data di GBA 800 ini. Saat NexTren.com uji, data lebih dari 4 hari tidak tercatat dengan baik.

Sehingga disarankan kamu sering-sering menghubungkan jam ini ke smartphone kamu, dan jangan sampai lewat dari 4 hari agar data yang ditampilkan lebih lengkap.

Kama
Kama

Fitur peta 3D di aplikasi G-Shock Connected tampilannya kurang begitu bermanfaat

Fitur lain ala G-Shock

Selain fitur Step Tracker yang 'semi pintar' ini, G-Shock G-Squad GBA 800 mengusung fitur-fitur jam tangan yang terkenal dari G-Shock.

Sebut saja fitur tahan air hingga kedalaman 200 meter, bahan dari resin yang cukup kuat, materi kaca yang anti gores, stop watch, zona waktu dari 300an negara, alarm, kalendar, jarum analog yang otomatis menyesuaikan dengan waktu di tempatmu saat terhubung ke smartphone, dan masih banyak lagi.

Salah satu fitur yang cukup menarik adalah fitur lampu LED yang otomatis akan menyala saat tanganmu mengayun ke depan muka untuk melihat jam pada saat gelap.

Baca Juga : Smartwatch Canggih Nubia Alpha Akan Resmi Dirilis 8 April 2019Baca Juga : Smartwatch Canggih Nubia Alpha Akan Resmi Dirilis 8 April 2019

Meski fitur ini kadang berfungsi kadang tidak (akibat mengandalkan sensor akselerometer), fitur ini terlihat keren dan memudahkan kita saat ingin melihat jam saat gelap.

Harga yang diusung untuk G-Shock G-Squad GBA 800 ini juga kurang lebih sama dengan jam G-Shock lainnya, yaitu sekitar Rp. 2,379,000,-.

Ada beberapa pilihan warna yang sesuai dengan karaktermu, seperti warna hijau army seperti yang dipinjamkan ke redaksi NexTren.com, putih, hitam, hingga oranye.

Casio
Casio

G-Shock G-Squad GBA 800 hadir dalam beberapa pilihan warna

Kesimpulan

Akhir kata, jam G-Shock memiliki jaminan mutu dari sebuah brand jam tangan.

Semua yang membuatnya terkenal, ada pada jam ini.

Hanya saja, fitur Step Tracker yang diusungnya dirasakan nanggung karena fungsinya hanya setengah-setengah.

Namun, kalau kamu fans G-Shock maka G-Squad ini bisa menambah koleksi kamu sekaligus dapat digunakan untuk mencatat jumlah langkah yang sudah kamu ambil. (*)

Editor : Kama

Baca Lainnya