Data Tren Belanja 2019, Pria Lebih Banyak Nyicil dibanding Wanita

Selasa, 05 Maret 2019 | 18:19

Ilustrasi Belanja Online

Nextren.com - belanja online kini sudah menjadi tren terutama bagi kalangan milenial, dengan berbagai metode pembayaran.Pembayaran dengan cicilan ternyata memang disukai dan membuat transaksi online melonjak.Kredivo, kartu kredit digital untuk milenial Indonesia, baru saja merilis data tentang Tren Belanja awal tahun 2019. Data yang diambil dari 50.000 sampel pengguna yang bertransaksi menggunakan Kredivo dalam 3 bulan terakhir (November 2018 – Januari 2019) itu, menunjukkan temuan yang menarik.

Baca Juga : 6 Tips Belanja Cerdas Saat Harbolnas dan Flash Sale, Agar Kantong Tidak JebolSekitar 57,6% pengguna layanan Kredivo adalah pria, sedangkan 42,4% pengguna merupakan wanita. Hal ini menunjukkan bahwa pria cenderung lebih aktif dalam bertransaksi online dibanding wanita. Lebih jauh lagi, data ini menjelaskan bahwa ada kesamaan perilaku pengguna Kredivo dengan pengguna kartu kredit di Indonesia. Dari 3 fitur produk yang dimiliki Kredivo, sekitar 21% pengguna menggunakan layanan cicilan di e-commerce, sekitar 30% pengguna menggunakan layanan pinjaman tunai dan hampir 85% pengguna menggunakan layanan bayar dalam 30 hari. “Layanan bayar dalam 30 hari menawarkan kenyamanan bagi para pengguna dalam bertransaksi secara online dalam 2 klik saja."

Baca Juga : Kasus Penipuan Beli Hardisk di Tokopedia yang Lagi Ramai, Ini Tips Agar Aman Belanja

"Selain cepat dan mudah, pengguna dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari dan membayarnya kemudian.""Jadi tidak heran, persentase pengguna yang memanfaatkan layanan ini sangat tinggi,” ungkap Indina Andamari, Head of Marketing Kredivo. Ada hal menarik yang ditemukan di data tren belanja ini, dari banyaknya transaksi cicilan di e-commerce, 66,7% pengguna layanan cicilan adalah pria, sedangkan wanita hanya 33,3%. Dapat disimpulkan bahwa pria mendominasi layanan cicilan ini dibandingkan wanita.

Baca Juga : Tips Belanja Hemat Saat Harbolnas Khusus Untuk Sobat NexTren

Kredivo
Kredivo

Tren Belanja 2019

Menurut beberapa studi yang dikutip dari Harvard Business Review, pria memang cenderung lebih berani mengambil resiko daripada wanita, baik dalam hal keuangan maupun hal lainnya. Perbedaan gender memengaruhi aktivitas otak yang memperhitungkan resiko dan bagaimana mereka mengambil tindakan. “Budaya di Indonesia juga menempatkan pria sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam mencari nafkah dan sebagai kepala keluarga, sehingga para pria mencari cara agar dapat memenuhi kebutuhan namun tetap menjaga cash flow tetap aman. Kredivo membantu mereka dalam hal ini,” ujar Indina. Kredivo memberikan fleksibilitas pembayaran secara berkala pada pengguna.

Baca Juga : Meski Dollar Naik, Ternyata Belanja Online Malah Naik

Salah satu fitur penting Kredivo adalah kemudahan mengakses kredit instan tanpa kartu kredit dengan bunga setara bank, bahkan 0% untuk pembayaran dalam 30 hari. Prosesnya diklaim berlangsung cepat, mudah dan aman karena semua informasi dienkripsi. Fashion, Kategori Produk yang Paling Sering Dibeli Pria Maupun Wanita Data Tren Belanja awal tahun 2019 dari Kredivo menemukan bahwa mayoritas pria atau wanita membeli produk berupa fashion dan aksesorisnya dengan menggunakan Kredivo.

Baca Juga : Cara Belanja Online di Situs Luar Negeri Tanpa Kartu Kredit!

Kredivo
Kredivo

Tren Belanja 2019

Dari total pengguna pria, 39,3% membeli produk fashion dan aksesorisnya, disusul gadget sekitar 36,8% dan perlengkapan rumah tangga sebesar 18%.

Sedangkan dari total pengguna wanita, 55% membeli produk fashion dan aksesorisnya, 41% produk kesehatan dan kecantikan, dan di posisi ketiga dengan persentase 26,2% adalah perlengkapan rumah tangga. Namun jika dilihat dari total nilai belanja, kategori gadget dan aksesorisnya berada di peringkat pertama mengalahkan kategori fashion.Jumlahnya empat kali lipat untuk pria dan hampir dua kali lipat untuk wanita.

Baca Juga : Cara Mudah Instagram Manjakan Penggunanya Lakukan Belanja Online

Pembelian gadget oleh pria mencapai 51% dari keseluruhan nilai transaksi, sedangkan pembelian gadget oleh wanita mencapai 38% dari keseluruhan nilai transaksi. Banyaknya permintaan akan kategori-kategori tersebut seiring dengan perkembangan e-commerce yang luar biasa di Indonesia. Studi oleh McKinsey memproyeksikan bahwa value dari pasar e-commerce Indonesia akan meningkat 8 kali lipat antara tahun 2017-2022. Sayangnya tidak demikian dengan laju pertumbuhan penetrasi kredit.

Baca Juga : Fortnite Berikan Hadiah Untuk Kreator Konten Ketika Gamer Belanja“Penetrasi smartphone dan internet yang pesat di Indonesia menjadikan mobile payment sebagai solusi pembayaran digital yang tepat.""Dengan hadirnya opsi pembayaran kredit di e-commerce, pengguna bisa membeli barang bernilai cukup tinggi seperti gadget dan aksesoris dengan memanfaatkan fitur cicilan tanpa DP sampai 12 bulan atau menerima produk fashion yang dipesan sebelum membayar sepeserpun.""Kredit instan yang dapat diakses secara mudah melalui smartphone tentunya berdampak langsung pada peningkatan daya beli konsumen juga peningkatan penjualan e- commerce,” tutur Indina. Saat ini, Kredivo sudah tersedia di lebih dari 250 merchant di Indonesia termasuk Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada dan juga Tiket.com.

Baca Juga : Suka Belanja Online Dari Luar Negeri? Kini Bisa Lebih Fleksibel

Layaknya kartu kredit, selain digunakan sebagai metode pembayaran online, limit kredit Kredivo juga dapat ditarik tunai hingga 30 juta rupiah dengan bunga rendah, mulai 2,95% per bulan. Sebagai informasi, FinAccel adalah perusahaan teknologi keuangan yang memanfaatkan analisa data mendalam pada jejak digital pengguna yang secara otomatis menilai resiko kredit dan memberikan akses kredit di Asia Tenggara yang merupakan pusat ekonomi terbesar ke-7 di dunia. Kredivo adalah produk unggulan FinAccel yang memungkinkan konsumen untuk mengajukan dan mendapatkan kredit instan, berbelanja di ecommerce atau mengambil pinjaman tunai serta membayar secara berkala. Merchant yang menggunakan Kredivo mendapatkan keuntungan dengan menyediakan pembiayaan point-of-sale yang menggunakan sistem checkout dalam 2 klik untuk semua pembeli yang memenuhi syarat. Kredivo juga sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya