Android Q Bakal Memberikan Fitur Face ID Untuk Semua Hape Android

Senin, 28 Januari 2019 | 18:55
dailydot.com

Android Q kembangkan fitur Face ID secara native yang bisa digunakan oleh semua smartphone berbasis Android.

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com - Fitur pengenalan muka untuk membuka keamanan di smartphone atau Face ID merupakan salah satu kunci biometrik yang sangat ketat.

Saat ini, fitur tersebut masih menjadi salah satu daya tariksmartphone iPhone XS buatan Apple, dan pembuat smartphone Android masih bergulat untuk memilikinya.

Sistem operasi terbaru Android Q yang saat ini masih dalam pengembangan tampaknya akan memberikan akses Face ID untuk semua orang.

Baca Juga : Android Q Penerus Pie, Berikan Banyak Kebebasan Untuk Provider Seluler

Menurut laporan dari XDA-Developers dan 9to5Google, pada Android Qditemukan adanya kode untuk fungsibiometrik Face ID.

Artinya, melalui fungsi tersebut semua smartphone yang menggunakan sistem operasi ini bisa menggunakan kameranya sebagai pembuka kunci hapenya.

Biasanya untuk mendapatkan fungsi tersebut, pembuat smartphone harus menginvestasikan uangnya untuk membangun sistem biometriknya sendiri.

Itu sebabnyatidak semua smartphone Android bisa menggunakan Face ID dan hanya kelas premium saja yang mampu menggunakannya.

Melalui dukungan native Android Q terhadap fitur tersebut, semua hape Android bisa saja menggunakan sistem keamanan tersebut.

Lebih dari sekedar membuka kunci layar, fitur Face ID pada Android Q ternyata memiliki beberapa fungsi lain.

Fitur tersebut ternyata dirancang untuk bisa pula digunakan sebagai media untukmemberikan otorisasi ketika membeli online.

Baca Juga : Ini Bocoran Tampilan Android Q yang Sedang Dikembangkan Google

Menariknya lagi, fitur ini juga direncanakan bisamenggantikan akun Android ketika ingin masuk ke dalam apps.

Dengan demikian, Face ID di Android Q memiliki fleksibilitas lebih tinggi bila dibandingkan dengan fitur yang sama di iPhone XS.

Tentu saja fitur ini masih dalam pengembangan, dan bisa jadi pula pengembangnya memiliki keputusan lain untuk mengimplementasikannya nanti.

Namun adanya fitur tersebut jelas akan meningkatkan nilai Android Q bila dibandingkan dengan sistem operasi Android sebelumnya.

Adanya kemungkinan semua hape Android di masa depan akan memiliki Face ID yang bisa diandalkan tentunyaakan menjadi masa depan yang dinantikan.(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Sumber : Engadget

Baca Lainnya