Militer Inggris Pakai Robot Canggih Penjinak Bom, Bisa Rasakan Kabel Tersembunyi

Rabu, 26 Desember 2018 | 21:20
www.janes.com

Militer Inggris gunakan robot gegana Harris T7 untuk jinakkan bom, yang dilengkapi dengan teknologi canggih.

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com - Menangani ancaman bom merupakan hal yang sangat berbahaya, bahkan bisa merenggut nyawa tim gegana yang melakukannya.

Untungnya kecanggihan teknologi memberikan jalan keluar baru untuk mengatasinya, yaitu dengan robot penjinak bom yang dikendalikan dari jauh.

Pihak militer Inggris baru-baru ini kedatangan robot gegana yang diberi nama T7 tersebut, lengkap dengan teknologi canggih di dalamnya.

Baca Juga : Robot Buatan Alibaba Kini Gantikan Peran Pelayan Restoran Di Shanghai

Robot yang diproduksi oleh kontraktor militer Harris tersebut merupakan bagian dari 52 buah robot gegana yang dipesan oleh militer Inggris.

Saat ini baru datang 4 robot saja sebagai gelombang pertama dan juga untuk membuat operatornya terbiasa dengan pengendaliannya.

Tidak seperti pada ancaman bom di perkotaan modern saat ini, anggota militer yang ada di daerah perang selaluditeror oleh keberadaan bom tersebut.

Baca Juga : Sistem Peringatan Dini Tsunami Yang Terjangkau, Berbasis IoT dan Wireless Sensor Network

Selama ini, setiap pasukan akan selalu ditemani oleh prajurit yang ahli di bidang gegana, karena mereka harus selalu siap untuk membersihkan jalan yang dilewati oleh tentara.

Korbanyang jatuh dari pasukan gegana tersebut juga tidak sedikit, karena pihak musuh selalu berikan beragam jebakan di bomnya.

Untuk itu, adanya Harris T7 akan sangat membantu, terutama untuk menurunkan jumlah korban yang ada hingga saat ini.

aca Juga : Furhat, Robot Sosial Yang Mampu Berikan Ekspresi Muka Untuk AI

Menariknya, robot ini tidak hanya bisa dikendalikan dari jauh saja, karena ada pula teknologiHaptic Feedback di sana.

Teknologi ini bisa membuat operator robotnya merasakan sensasi seakan memegang langsung bom yang sedang dijinakkan oleh robot.

Melalui adanya teknologi tersebut, operator akan bisa merasakan bila ada kabel tersembunyi yang menyertai kabel yang akan dipotong.

Baca Juga : Paket Kursi Game Kelas Sultan Seharga Rp 300 Juta Ini Bisa Dicoba di Mal Pondok Indah

Sebelum dikirim ke militer Inggris, robot ini juga sempat menjalani serangkaian tes dunia nyata selama delapan minggu, demi melihat kemampuannya.

Robot tersebut juga dilengkapi dengan kamera dengan resolusi tinggi atau High Definition, supaya bisa melihat dengan jelas bom di depannya, dan juga beragam jebakan yang ada.

Selain itu, pada bagian rodanya diberikanAll-terrain Threads yang membuatnya mampu melalui beragam jenis kondisi jalan.(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Sumber : Engadget

Baca Lainnya