PUBG Terapkan Sistem Keamanan Baru, 30 Ribu Cheater Kena Ban

Selasa, 25 Desember 2018 | 22:00
GameRevolution

PUBG

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com - Keberadaan cheater atau pemain yang berbuat curang demi bisa menang adalah hal yangmembuat kreator game PUBG kerepotan.

Demi membersihkan game online tersebut dari cheater yang merugikan pemain lain, game tersebut mengimplementasikan sistem keamanan cyber berteknologi canggih untuk menjaring pemain yang curang.

Akibatnya begitu mengejutkan, karena ada lebih dari 30 ribu pemain yang terjaring; lebih mengejutkannya lagi, sebagian di antaranya adalah pemain profesional esports.

Baca Juga : Ini 5 Tempat Dengan Looting Terbaik di Map Baru PUBG Mobile Vikendi

Teknologi yang digunakan untuk mencari dan menangkap cheater tersebut adalah dengan mendeteksi adanya intrusi paket keluar dari game menuju aplikasi pihak ketiga.

Target utama dari penangkapan ini adalah pemain yang menggunakan aplikasiRadar Hacking, yang begitu memudahkan game Battle Royale.

Aplikasi ini menerjemahkan informasi yang didapatnya dari server dan mengirim data tersebut ke perangkat eksternal, melalui jalur yang sulit dideteksi seperti VPN.

Data tersebut berisi posisi dari semua pemain di dalam server saat ini, dan aplikasiyang terpasang di komputer atau smartphone akan memperlihatkan posisi pemain lain di peta.

Jadi cheater bisa dengan mudah mengejar dan juga menyergap pemain lain yang tidak menduga posisinya telah diketahui oleh cheater.

Penggunaan aplikasi ini ternyata sangat menjamur di kalangan pemain PUBG Eropa dan Amerika Utara, terutama pada pemain esports.

Terbukti dengan ikut tertangkapnya pemain profesional yang notabene bermain demi mendapatkan uang.

Baca Juga : 5 Tips dan Trik Main PUBG Mobile untuk Dapat Chicken Dinner!

Efek dari penangkapan cheater tersebut, beberapa jam setelahnya langsung bermunculan beragam permintaan maaf resmi dari manajemen tim esports yang terkait, suspensi pemain yang melakukan cheat, dan beragam penjelasan mengenai kelakuan anggota tim profesional yang terkena dampaknya.

Apakah setelah itu PUBG akan melepas akun gamer profesional yang terjaring dan tertangkap tangan saat ini masih belum jelas.

Namun penggunaan cheat di PUBG harus diakui sangat merugikan, karena game tersebut dimainkan bersama dengan pemain lain.

Bermain secara fair adalah keharusan, dan usaha aktif yang dilakukan oleh PUBG untuk membersihkan lingkungan permainannya harus diberikan acungan jempol.

Namun yang patut disayangkan adalah adanya pemain profesional yang juga ikut serta menggunakan aplikasi terlarang tersebut.

Karena hal ini sama saja dengan menggunakan doping pada atlit lari, dan mereka mendapatkan medali emas karenanya.(*)

Editor : Kama

Sumber : Slashdot

Baca Lainnya