Apple Ingin Wujudkan Siri Yang Tidak Butuh Internet, Alias Offline

Minggu, 18 November 2018 | 19:52
cultofmac.com

Apple Siri

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com - Asisten berbasis Artificial Intelligence memang harus diakui sangat berguna, terutama pada perangkat seperti Apple dengan Siri.

Tidak hanya bisa membantu menjalankan beragam aplikasi, Siri juga bisa diajak sebagai teman ngobrol ketika kamu sedang sendirian.

Namun ada satu kelemahannya, yaitu asisten seperti Siri tidak bisa berfungsi tanpa internet; sesuatu yang ingin diperbaiki oleh Apple.

Baca Juga : iPhone 5G Pertama Bakal Diluncurkan Apple Pada 2020, Teknologi Lebih Stabil

Menurut laporan dariApple Insider, Apple ingin membuat Sirilebih berguna untuk penggunanya ketika tidak terhubung ke internet, termasuk kemungkinan adanya mode offline dan dijalankan sepenuhnya di perangkat pengguna.

Memang benar, fungsi asisten berbasis AI masih terbatas pada koneksinya dengan cloud server yang mengatur interaksinya dengan pengguna.

Langkah yang diambil oleh Apple untuk mewujudkannya masih belum terlihat jelas, hanya melalui paten yang didaftarkan.

Pada paten tersebut, tertulis adanya aplikasi asisten personal offline sebagai fungsi yang akan digunakan oleh Apple.

Fungsi selanjutnya adalah aplikasi ini tidak terhubung ke server Apple, melainkan prosesSpeech-to-text atau menerjemahkan ucapan pengguna ke dalam teks dan validasinya terjadi di perangkat pengguna.

Penggunaan server online biasanya digunakan untuk memproses validasi tersebut, dan jugapenyedia kekuatan komputasi untuk menjalankan AI; sesuatu yang sulit dilakukan oleh smartphone.

Namun dengan adanya chip yang mendukungNeural Processing Unit (NPU)yang mampu menjalankan AI dan mulai dirilis tahun depan, bisa jadi smartphone akan cukup pintar untuk menjalankannya.

Baca Juga : Apple Luncurkan Program Baru Untuk Reparasi Perangkat Lawasnya

Sedangkan deskripsi terakhir adalah ketika aplikasi mendengarkan perintah penggunanya,aplikasiakan bisamengerjakan tugas tersebut melalui bantuan proses komputasi bahasa di dalam perangkat itu sendiri.

Melihat semua deskripsi ini, jelas sudah apa tujuan Apple di masa depan; membuat Siri atau aplikasi baru penerus Siri sebagai AI yang bisa mandiri dan bekerja di dalam perangkat secara offline.

Dengan demikian, penggunanya akan bisa tetap menikmati beragam keuntungan asisten AI, meskipun ada di daerah yang ada di luar jangkauan internet.

Jadi, kamu masih tetap bisa berbagi cerita dengan Siri meskipun kamu sedangmelakukanperjalanan 12 jam di pesawat.(*)

Editor : Kama

Sumber : Slashdot

Baca Lainnya