Instagram Bocorkan Password Beberapa Penggunanya Tanpa Sengaja

Minggu, 18 November 2018 | 18:53
elle.com

Instagram

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com - Niat hati ingin back-up data malahan bocor passwordnya, inilah yang terjadi pada Instagram dan fitur barunya.

Kejadian ini untungnya tidak menimpa banyak pengguna, dan Instagram dengan cepat menutup lubangkeamanan tersebut.

Dilaporkan pula bahwa kejadian ini hanya menimpa sejumlah kecil pengguna karena ditemukan di lingkungan internal media sosial tersebut.

Baca Juga : Instagram Dikabarkan Berencana Terapkan Fitur Stories Khusus Sekolah

Ternyata masalah ini terkait erat dengan fitur yang dikeluarkan oleh Instagram pada April lalu, yaitu fitur untuk mengunduh semua data yang ada di dalam media sosial tersebut.

Adanya fitur ini dipicu oleh kebijakan yang dibuat oleh hukum Eropa, yaituGeneral Data Protection Regulation (GDPR).

Kebijakan tersebut meminta data yang disimpan oleh media sosial atau penyelenggara jasa online untuk bisadiatur sendiri oleh pemiliknya, dalam hal ini pengguna jasa tersebut.

Itu sebabnya Instagram memberikan fitur untuk mengunduh data tersebut, dan ternyata ada sedikit kesalahan yang bisa berakibat fatal di sana.

Ketika penggunamenggunakan fitur tersebut, Instagram akanmembuka halaman web untuk mengunduh datanya.

Ternyata, pada url atau alamat website yang tertera di bagian atas halaman web terdapat pula password dari Instagram pengguna tersebut!

Memang password tersebut terselip di antara huruf dan simbol, tetapi untuk orang yang jeli semua itu bisa dibaca dengan mudah.

Baca Juga : Social Media Influencer Dituntut Rp 675 Juta Karena Malas Posting di Instagram

Password itu tersimpan di server Facebook sebagaiperusahaan induk Instagram, dan menurut The Informationyang dilansir oleh Engadget, hal ini hanya bisa terjadi bila media sosial ini menyimpan data password tersebut dalam teks biasa.

Tentu saja hal ini dibantah oleh juru bicara Instagram, dan mengatakan data password tersebut disimpan dalam enkripsi yang aman.

Media sosial tersebut telah memperbaiki masalah ini, dan kini password tidak lagi muncul di url ketika kamu menggunakan fitur untuk mengunduh data.

Walaupun alamat itu hanya muncul di halaman web yang kamu buka sekalipun, alamat itu akan terekam di History dan bisa dibaca oleh orang lain.

Untungnya Instagram dengan cepat mengatasinya, dan meminta pengguna yang terkena dampaknya untuk segera mengubah password Instagramnya.(*)

Editor : Kama

Sumber : The Verge

Baca Lainnya