Momen Matahari Terbit dan Terbenam dalam Satu Peta

Senin, 15 Juni 2015 | 10:26
Michelle Chandra

Visualisasi foto-foto sunrise dan sunset yang diunggah ke Instagram

Sunset dan sunrise adalah dua dari sekian banyak momen yang paling mudah ditemukan di Instagram. Bahkan, saking banyaknya momen tersebut diunggah ke sana, seorang desainer bernama Michelle Chandra merangkainya menjadi peta yang menampilkan matahari terbit dan terbenam di berbagai penjuru dunia.

"All of Our Suns", begitu Michelle menamai proyek itu. Peta buatannya dirancang berdasarkan foto-foto bertanda pagar #Sunrise dan #Sunset di Instagram, lalu lalu menampilkannya di peta sesuai dengan lokasi pemotretan.
Hasilnya berupa visualisasi yang cantik dengan konten yang memuaskan rasa penasaran. Misalnya kamu ingin melihat sunset di negeri-negeri Eropa, maka cukup melirik ke bagian benua tersebut. Tempatkan kursor pada salah satu titik merah dan akan muncul sebuah foto Matahari terbenam yang diunggah dari lokasi itu.
Bagian paling menarik dari peta yang dibuat menggunakan CartoDB ini adalah, Michelle merancangnya ter-update secara real time. Hanya foto-foto yang diunggah dalam periode 24 jam saja dapat muncul dalam peta.
Seperti dilansir Nextren dari Engadget, Minggu (14/6/2015), Michelle membuat peta matahari terbit dan terbenam sebagai bagian dari proyek yang lebih besar, "All of Our Yesterday". Seluruhnya menyorot peran Instagram dalam menghubungkan orang-orang dari berbagai belahan dunia menggunakan media foto.
"Pengguna Instagram yang berburu matahari menggunakan kameranya adalah saksi terhadap cengkeraman matahari pada kehidupan kita. Sejak zaman dulu, kita telah mengikuti pergerakan matahari, bulan dan bintang sebagai pemandu waktu," tulis wanita itu dalam blog pribadinya.
"Mengamati pengguna Instagram ternyata menampilkan pandangan berbeda terhadap waktu. Matahari terbenam bagi satu individu berarti Matahari terbit bagi individu lainnya, seperti lingkaran yang tak berujung," imbuhnya.
Kamu bisa melihat peta karya Michelle pada tautan berikut ini.

Editor : Reza Wahyudi

Sumber : ENGADGET

Baca Lainnya