Anker Rilis Speaker Cerdas untuk Mengatur Musik Lewat Google Assistant

Minggu, 25 Maret 2018 | 13:15
Anker

Anker merilis speaker cerdas yaitu Zolo

Nextren.grid.id – Pada ajang CES di tahun 2017 dan 2018 lalu, perangkat cerdas untuk hiburan di rumah menjadi sumber perhatian setelah para raksasa teknologi mengeluarkan produk buatan mereka.

Perusahaan seperti Google, Apple, dan Amazon berlomba-lomba untuk menciptakan speaker cerdas yang dapat mengatur isi rumah kita.

Setelah itu, mulai banyak perusahaan produsen teknologi lainnya yang berusaha untuk menciptakan alat sejenis. Salah satunya adalah Anker.

(BACA:NTT Summit 2018 - Mempersiapkan Perusahaan di Era Perubahan Digital)

Pada awal April 2018, Anker akan menjajal salah satu produk pengeras suara cerdas yang diberi nama Zolo untuk melenggang di pasar pengeras suara berkonektivitas Bluetooth.

Sebagai produsen pembuat powerbank, kini Anker mencoba untuk bersaing di pasar teknologi suara. Produk yang dibubuhi dengan teknologi pengontrol suara dari Google dan saklar sentuh ini menjadikannya pengeras suara dengan ukuran mungil yang dapat diperhitungkan.

Pengeras suara berukuran mungil ini mempunyai fitur-fitur canggih. Dibekali dengan beberapa konektivitas nirkabel, Zolo mempunyai koneksi tidak hanya melaluiBluetoothakan tetapi perangkat mungil ini juga dibekali denganWi-Fiuntuk dapat terhubung dengansmartphoneatau pemutar musik lainnya.

Selain fasilitas nirkabel Zolo juga bisa dihubungkan dengan pemutar musik dengan kabel melalui colokanAuxiliary-Inputsebagai alternatifnya.

Kali ini Zolo menggandeng Google untuk menanamkan teknologiGoogle assistant, teknologi pengontrol suara yang mampu mengenali lebih dari puluhan Bahasa Internasional temasuk Bahasa Indonesia.

(BACA:Gibran Anak Jokowi Jualan Kaos Menteri Susi, Begini Cara Pesannya)

Selain pengontrol suara perangkat ini juga mempunyai teknologi layar sentuh pada panel pengontrolnya yang terletak pada bagian atas dari perangkat ini. Dengan teknologiGoogle assistantZolo bisa dinyalakan dan dimatikan hanya dengan suara atau bahkan memilih daftar lagu yang ada pada pemutar musik padahandphone.

Dikarenakan Google sebagai pemilik dari teknologi ini, sehingga Zolo akan menyala jika mendengar kalimat “Ok Google” sebagai perintah suara standar yang ditanamkan padanya. Secara otomatis mesin pengenal suara akan mendeteksi kalimat tersebut dan secara otomatis perangkat akan menyala.

Untuk dapat menikmati teknologi ini penggunaspeakerharus mengunduh aplikasiGoogle Homeyang terdapat di pasar aplikasiPlaystoremilikGoogledan jugaAppstoremilik iOS.

Secara otomatis perangkat akan melakukan pengaturan dan penyesuaian terhadap perangkathandphone. Dengan aplikasi ini pengontrolan padaspeakertepusat dapat dilakukan dari aplikasi Google Homeyang sudah terpasang padasmartphone kita.

Anker
Anker

Zolo, speaker cerdas dari Anker ini akan makin canggih berkat Google Assistant

(BACA:LG K8 (2018) Resmi Diluncurkan di Rusia dengan Nama Berbeda, Apa Ya?)

Untuk menghindari kebisingan dan kerancuan dalam menerima suara di sekitarnya, perangkat ini dibubuhi saklar untuk mematikan alat penerima suara atauMicsehinggamengubahnya menjadi kondisiMute.

Agar mudah untuk dijangkau tombol di letakkan di bagian depanperangkat.

Akan tetapi, entah kenapa produk mungil dengan diameter 6,3 Sentimeter dan tinggi 9,3 Sentimeter ini tidak dilengkapi dengan baterai sebagai penyimpan daya. Sehingga produk ini dapat menyala dengan pasokan listrik dariadapterbawaannya.

Diluncurkan dengan harga 2 jutaan, produk yang hanya memiliki satu varian warna hitam dan mempunyai berat yang ringan seberat 312 gram ini dapat diburu oleh konsumen Indonesia melalui pasaronlinedan pasar retail konvensional.

Shintawaty Lee,Sales Representative Anker Indonesiamenyampaikan bahwa ini bukan pertama kali Anker meluncurkan produk pengeras suara dengan koneksiBluetooth. Anker telah banyak meluncurkan produk-produkspeaker. Seperti SoundCore Turbo dan SoundCore Pro yang juga menjadi andalan dari Anker.

(BACA:4 Tips Kreatif Agar Kabel Headset Tak Kusut Lagi, Mudah Kok Ditiru)

Produk ini akan resmi dipasarkan di Indonesia pada awal April 2018 bulan depan, dan akan secara bersamaan dipasarkan melalui jaringan penjualanonlinedan juga pasar ritel konvensional.

Sebagai produsenbrand premiumAnker juga tidak ingin main-main dalam menyematkan teknologi dan kualitas suara pada perangkat pengeras suaranya kali ini, walaupun mempunyai bentuk mungil Zolo mempunyai keluaran suara dengan kualitas komposisiBassdanTrebleyang sempurna, sehingga menjadikannya sebagai produk yang bisa diandalkan. (*)

Editor : Kama

Baca Lainnya