Kapan Harus Membayar Cash Atau Pakai Kartu Kredit?

By Syanne Susita , Selasa, 21 Februari 2017 | 06:15 WIB
Kapan harus menggunakan kartu kredit saat belanja? (Dini Felicitas)

Nakita.id – Saat berbelanja, kebanyakan mal menawarkan dua pilihan metode pembayaran. Dengan pembayaran tunai atau menggesek kartu kredit atau kartu debet. Keuntungan membayar cash adalah tidak membuat kita terjebak dalam hutang. Sedangkan menggunakan kartu sangat nyaman karena kita tidak perlu membawa uang tunai terlalu banyak di dompet.

Yang perlu  Mama ketahui, ada waktu dan tempat tersendiri kapan harus membayar cash atau dengan kartu kredit. Karena, keduanya bisa membuat kita jadi boros jika tidak digunakan semestinya. Berikut ada beberapa tips untuk mengenal kebiasaan berbelanja kita yang akan membantu kita menentukan metode pembayaran yang tepat saat berbelanja.

Kapan membayar tunai Jika ingin mengontrol keuangan sekaligus menahan napsu belanja, menaruh sejumlah uang di dompet justru lebih baik. Menurut Dave Ramsey, ahli pengaturan uang, jika ingin mengontrol keuangan lebih baik, memegang uang cash, justru lebih baik karena pada dasarnya, orang tidak suka mengeluarkan uang. Cobalah menggunakan cara kuno dengan membuat anggaran setiap kebutuhan dan menyimpan setiap anggaran dalam amplop. Di saat jatah dana dalam amplop sudah habis, cobalah mencari dana tambahan. Jangan mengambil dari amplop jatah dana lainnya.

Walau kini banyak tempat menyediakan fasilitas penggunaan kartu debet, tetaplah untuk membawa cash secukupnya. Ingat jika walau banyak bukan berarti semua menyediakan fasilitas pembayaran dengan kartu. Salah satu contoh adalah ketika kita akan makan siang di warung sebelah kantor, pastinya tempat-tempat seperti ini tidak menerima fasilitas pembayaran.

Membawa uang cash juga memudahkan kita jika harus memberi tip pada pelayan restoran atau pelaku jasa lainnya. Tip ini sangat membantu kebutuhan para pelayan. Jadi, usahakan untuk selalu memberi tip. Jika tidak punya cash, jangan jadikan alasan untuk tidak memberi tip karena memberi tip juga melalui kartu kredit juga bisa dilakukan di berbagai restoran sekarang ini.

Membawa uang cash juga satu keharusan di saat kita akan berlibur karena kita tidak pernah tahu ada pengeluaran dadakan apa yang akan kita temui saat berlibur. Bisa jadi uang cash ini diperlukan untuk membayar ongkos transportasi umum, membeli mainan atau snack untuk anak-anak. Jangan sampai liburan menjadi tidak menyenangkan karena kita kekurangan cash tidak bisa masuk tempat wisata atau kurang uang cash untuk membeli tiket bus atau kereta.

Kapan Menggunakan Kartu Menggunakan kartu debet adalah cara yang paling ideal karena kita tidak perlu membawa uang banyak, nyaman dan tidak pusing soal utang. Pembayaran pun sesuai dengan harga dan pengeluaran pun jadi tercatat. Namun, yang namanya kartu, keamanan tidaklah selalu 100 persen. Dalam kondisi tertentu, mungkin menggunakan kartu kredit justru lebih aman dan praktis.

Ada empat alasan kenapa menggunakan kartu kredit lebih aman. Pertama, jika akan berbelanja online, pembayaran sebaiknya dengan kartu kredit. Menyimpan nomer kartu kredit mungkin berbahaya jika situs belanja diretas. Namun, yang pasti, tabungan Mama tidak akan terkuras habis. Kartu kredit Mama pun bisa segera diblokir sehingga pemakaian kartu kredit yang tidak terotorisasi oleh Mama bisa dibatalkan.

Memesan hotel atau mobil lebih baik menggunakan kartu kredit karena jika ada deposit atau biaya sementara yang nantinya dikembali bisa di-charge melalui kartu kredit dan Mama pun tidak merasa terbebani karena secara otomatis dikembalikan lagi. Selain itu, banyak kartu kredit yang juga menawarkan asuransi dalam kartu. Jika agen penyewaan menawarkan asuransi terhadap jasa, itu bisa ditolak.

Namun pada saat ingin berhemat, beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang jarang membawa uang tunai justru lebih mudah menghabiskan uang. Ini terjadi karena mereka merasa uang tidak terlihat sehingga pada saat muncul keinginan berbelanja secara impulsif, kartu kredit lah yang digunakan.

Selain itu, informasi kartu bisa dicuri melalui skimmer yang diinstalasi untuk membaca magnetic strip atau nomer kartu kredit Mama. Jika akan menggunakan kartu di pom bensin atau melalui mesin ATM, sebaiknya berhati-hati. Cara teraman menggunakan kartu kredit atau debet di tempat-tempat umum luar ruangan adalah memilih tempat yang ramai atau ATM yang berada di dalam toko.

Kesempatan lain untuk menggunakan kartu kredit adalah saat kita akan berbelanja barang-barang elektronik atau perabotan rumah karena biasanya ada nilai tambahan seperti garansi barang setahun atau tambahan diskon. Beberapa kartu juga menawarkan proteksi pembelian barang sehingga kalau barang yang dibeli rusak atau bermasalah, bisa dikembalikan atau mendapat ganti.

Jadi, sudah tahu kan kapan harus membayar cash atau dengan kartu kredit?