Follow Us

Awas, Lisensi Windows 10 Pro Bisa Hilang Karena Munculnya Bug

David Novan Buana - Senin, 12 November 2018 | 23:35
Windows 10
digitaltrends.com

Windows 10

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com - Pengguna Windows 10 Pro kali ini dikejutkan dengan munculnya bug atau gangguan di dalam sistem yang membuat cemas.

Akibat adanya bug tersebut, muncul pesan error yang menyatakan lisensi Windows 10 Pro yang dimilikinya dianggap tidak sah.

Lucunya, lisensi yang dianggap sah justru adalah Windows 10 Home yang notabene ada di bawah versi Pro, baik dari fitur dan harganya.

Baca Juga : Update Windows 10 Terbaru Masih Memiliki Masalah Manajemen File

Untungnya bug ini tidak terjadi pada semua orang, karena menurut pengakuan Windows hanya pengguna di Jepang, Korea, Amerika, dan beberapa negara lain saja yang terkena dampaknya.

Bila kamu terkena pesan error yang berisi Error: You are running Windows 10 Pro, but you have valid digital license for Windows 10 Home, atau kode error 0X803F8001 dan 0xC004C003, maka kamu terkena masalah ini.

Namun jangan khawatir lisensimu hangus karena bug ini, karena ternyata masalah ini tidak fatal dan Microsoft sedang memperbaikinya.

Ternyata akar permasalahannya ada pada server yang bertanggung jawab atas aktivasi lisensi Windows 10 Pro.

Server inilah yang bertugas untuk memeriksa apakah lisensi yang kamu gunakan sama dengan Windows 10 Pro yang kamu gunakan saat ini di komputer.

Microsoft sendiri menjanjikan perbaikan server tersebut akan berlangsung selama satu hingga dua hari.

Bagaimana bila kamu terkena masalah ini? Kamu tidak perlu panik karena lisensimu tidak hilang seperti pesan yang muncul.

Source : Guru3D

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest