Follow Us

Cara Lapor dan Hindari Modus Penipuan Lewat Verifikasi Aplikasi MyTelkomsel

Wahyu Subyanto - Rabu, 07 November 2018 | 15:04
Aplikasi mytelkomsel
tribunnews

Aplikasi mytelkomsel

Nextren.com – Saat ini, sebagian besar aktifitas masyarakat sudah berlangsung secara digital.Ternyata kejahatan juga mengikuti dan ikut bergeser, sehingga modusnya makin banyak dan beragam.Hal itu juga dialami oleh para pelanggan operator seluler Telkomsel.Kasus penipuan melalui telepon seluler dan SMS kini makin marak.

Baca Juga : Xiaomi Resmi Luncurkan Mi Band 3 di Indonesia, Kok Mahal Yah?Karena itu, pelanggan diharapkan waspada dan berhati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan Telkomsel. Berbagai macam modus penipuan yang sering muncul seperti meminta informasi kode verifikasi atau One-Time Password (OTP) di aplikasi MyTelkomsel yang dikirimkan melalui SMS.GM External Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin menghimbau kepada seluruh pelanggan untuk selalu waspada terhadap beragam bentuk penipuan tersebut. "Telkomsel tidak pernah meminta data diri, password atau kode verifikasi kepada pelanggan untuk alasan apapun."

Baca Juga : Cara Mudah Bikin WhatsApp Ganda di Hape Xiaomi, Oppo, dan Honor

"Data diri, password atau kode tersebut harus selalu dijaga kerahasiaannya seperti halnya PIN ATM atau bank,” ujar Denny Abidin dalam keterangannya kepada Nextren.com.Apabila pelanggan merasa tidak melakukan aktivitas yang disebutkan dalam SMS, pelanggan tidak perlu menanggapi SMS tersebut.Pelanggan juga tidak perlu menginformasikan kode verifikasi tersebut jika diminta oleh pihak tidak dikenal. "Dengan memberikan password atau kode verifikasi kepada orang lain sama saja dengan memberikan akses kepada orang lain untuk melakukan transaksi apapun melalui aplikasi MyTelkomsel,” lanjut Denny.

Baca Juga : Bocoran Perangkat Baru OPPO Jelang Akhir 2018, Varian F9?

VP Digital Experience & Business Insight Telkomsel Tuty R Afriza, bicara modus penipuan via MyTelkomsel di Jakarta (611)
telkomsel

VP Digital Experience & Business Insight Telkomsel Tuty R Afriza, bicara modus penipuan via MyTelkomsel di Jakarta (611)

Selain meminta password atau kode verifikasi aplikasi MyTelkomsel, penipu juga akan meminta pelanggan untuk memberikan kode verifikasi atas pembelian layanan Telkomsel yang terkirim melalui SMS.Pelanggan yang merasa telah login aplikasi MyTelkomsel di beberapa device/perangkat, dapat melakukan logout otomatis dengan cukup menghubungi *323*20#. Pelanggan akan mendapatkan notifikasi melalui SMS dan secara otomatis ter-logout atau keluar dari semua akses aplikasi MyTelkomsel.Denny juga menambahkan bahwa segala informasi untuk pelanggan, baik mengenai program, layanan, produk, ataupun promosi berhadiah, Telkomsel selalu menggunakan mekanisme pemberitahuan resmi.

Baca Juga : Skor Antutu New iPad Pro Terbaru Sampai 500 Ribuan? Anti Lag Nih!

Bentuknya bisa lewat surat, pemberitaan di media massa nasional, informasi di GraPARI terdekat atau di Call Center Telkomsel, serta situs resmi.Ada 3 jalur khusus jika penipuan sudah terjadi.1. Pelanggan dapat menghubungi layanan call center 24 jam dengan menghubungi 188.2 Pelanggan bisa mengirimkan SMS pengaduan ke 1166 dengan format PENIPUAN#NO. MSISDN PENIPU#ISI SMS PENIPUAN3. Menghubungi melalui chatting ke LINE, Telegram, Facebook Messenger, Twitter atau email. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest