Follow Us

Iklan Nakal di Browser Chrome Akan Ditertibkan di Update Terbarunya

David Novan Buana - Selasa, 06 November 2018 | 21:20
Google Chrome
mashable.com

Google Chrome

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com - Iklan nakal yang mengganggu kenyamanan berselancar di internet adalah masalah yang pastinya dibenci semua orang.

Pasti kamu juga berpendapat sama ketika sedang membuka halaman baru di website dan tiba-tiba muncul jendela berisi iklan yang menutupi layar.

Untuk mengatasi semakin maraknya penyalahgunaan iklan tersebut, browser semilyar umat Google Chrome akan menertibkannya melalui update Desember nanti.

Baca Juga : Google Resmikan Fitur PiP di Browser Chrome, Bisa Nonton Sambil Browsing

Melalui update Chrome 71 tersebut, iklan yang mengancam kenyamanan pengguna browser tersebut akan diberikan tindakan tegas.

Jangkauan jenis iklan yang akan terkena tindakan antara lain iklan yang meniru terjadinya kerusakan pada komputer, dan memintamu untuk mengklik iklan tersebut untuk memperbaikinya.

Kemudian, ada pula iklan yang muncul di tengah layar dan menutupi apa yang sedang kamu baca, dan kamu harus menekan tanda X untuk menutupnya.

Sebenarnya ketika kamu menekannya, bukan iklan yang ditutup melainkan kamu telah masuk ke iklan tersebut, alias kamu sudah ditipu.

Bukan hanya itu, seringkali tidak hanya masuk ke iklan saja, tetapi juga memasukkan program jahat seperti Phishing dan Malware ke dalam komputer dan perangkatmu.

Seperti yang mungkin sudah kamu ketahui, Phising adalah program jahat yang mampu mencuri akses nama dan password yang diketik di layarmu.

Sedangkan Malware lebih jahat lagi, karena program ini mampu menyusup ke dalam sistem komputer dan membuka jalan masuk rahasia untuk hacker.

Source : ARS Technica

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest