Follow Us

Kota Ini Diselimuti Internet WiFi Gratis

Yoga Hastyadi Widiartanto - Selasa, 09 Juni 2015 | 15:22
ilustrasi
Shutterstock

ilustrasi

Bayangkan apa saja yang bisa kamu lakukan di internet kalau ada sebuah kota dengan jangkauan WiFi luas, kecepatan tinggi dan gratis?

WiFi seperti itu dapat kamu temukan di Helsinki, Finlandia. Kota ini menawarkan WiFi gratis hampir di seluruh sudut kota, dengan kecepatan yang membuat streaming HD dan video calling terasa mulus.

Meskipun menawarkan kecepatan tinggi dan jangkauan hampir di seluruh kota, pengguna WiFi tidak dibuat repot dengan berbagai syarat. Kamu cukup terhubung ke jaringan WiFi itu, tanpa perlu memasukkan nomor KTP, alamat e-mail, membayar voucher, atau data apapun.

Satu-satunya peringatan yang muncul adalah mengingatkan kamu bahwa jaringan internet publik tidak aman, sehingga harus berhati-hati menggunakannya.

Seperti dikutip Nextren dari Quartz, Selasa (9/6/2015), infrastruktur internet tersebut merupakan buah pemikiran visioner ketika membangun Helsinki. Saat pemerintah kota setempat memasang WiFi pada gedung-gedung dan fasilitas lain, mereka membuatnya sebagai jaringan terbuka yang bisa diakses siapapun.

Dengan sistem seperti itu terpasang di berbagai gedung pemerintah, bisa kamu bayangkan seberapa luas jangkauan WiFi gratis ini. Asalkan ada sebuah ruangan atau gedung milik pemerintah kota, maka kamu bisa mendapat WiFi gratis.

Bagi warga lokal, WiFi gratis ini mungkin biasa saja karena kebanyakan operator di Helsinki mampu memberikan kuota data berkecepatan tinggi sebanyak 50 GB per bulan. Keberadaan WiFi gratis tersebut justru sangat menguntungkan bagi warga pendatang atau turis yang berkunjung dalam waktu singkat.

Petri Otranen, pengelola sistem TI untuk administrasi kota mengatakan biaya pengadaan WiFi gratis tersebut tidak mahal. Biaya itu dimasukkan ke dalam perawatan internet di seluruh kota.

Simo Volanen dari IT Department Helsinki memperkirakan biaya pengadaan dan pemasangan base station sekitar 40.000 hingga 45.000 euro. Sedangkan biaya perawatan tahunan sekitar 4.000 euro. Semua itu belum termasuk biaya penggunaan jaringan.

Salah satu alasan Helsinki mampu memberikan WiFi gratis di seluruh kota adalah kekuatan mereka dalam menerapkan pajak. Para penduduk kota itu membayar pajak senilai 18,5 persen dari pendapatannya sebagai bagian dari pajak pendapatan nasional.

Selain kekuatan menerapkan pajak, kota juga bertanggung jawab terhadap banyak aspek kehidupan warganya. Misalnya mulai dari pengumpulan sampah di jalanan, layanan kesehatan, pendidikan, hingga institusi budaya. Tanggung jawab tersebut lebih dalam dibandingkan dengan kota lain di dunia, misalnya London.

Source : Quartz

Editor : Reza Wahyudi

Baca Lainnya

Latest