Follow Us

Instagram Cegah Bullying di Foto dengan Bantuan Teknologi AI

David Novan Buana - Rabu, 10 Oktober 2018 | 19:45
Instagram
Pexels

Instagram

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com - Media sosial seperti Instagram tidak bisa luput dari cyber bullying, dan untuk mengatasinya fitur baru berbasis AI dirilis untuk menangkap pesan terlarang tersebut.

Melalui penerapan fitur baru tersebut, yang akan mulai dijalankan selama beberapa minggu ke depan, diharapkan dapat mengurangi praktik bullying yang dapat berbuntut panjang.

Tidak tanggung-tanggung, Instagram menggunakan teknologi canggih Machine Learning dan Artificial Intelligence (AI) untuk menjaring pesan tersebut dari foto yang dipost.

Baca Juga : Tampilan Status Whatsapp Akan Dipasang Iklan Layaknya Instagram

Mulanya, gerakan anti-bullying di media sosial tersebut dimulai di penyaringan pesan yang ditulis.

Akhirnya dengan bantuan AI, pesan di foto yang selama ini masih bisa menghindar dari kejaran filter bisa diciduk dan secara otomatis menghilangkan media yang bisa digunakan oleh pelaku bullying.

Sistem machine learning yang digunakan oleh Instagram telah mempelajari cara untuk mengenali secara proaktif pesan yang ditempelkan di foto, bahkan sampai bisa mengenali isi foto yang mengarah ke tindakan tersebut.

Akan tetapi tidak semuanya berada di tangan mesin, karena setelah sebuah foto diklasifikasikan sebagai target, moderator manusia akan memeriksanya.

Setelah itu barulah moderator tersebut akan memberikan keputusan akhir, dan memberikan hukuman untuk akun yang melakukannya.

Selain mengamankan foto, Instagram juga membersihkan pesan kasar dan bullying dari video broadcast.

Caranya adalah dengan memberikan filter opsional untuk komentar ketika kamu sedang melakukan live video.

Baca Juga : Nametag, Fitur Baru Instagram yang Permudah Kamu Buat Follow Teman Mu

Fitur ini sudah bisa digunakan oleh pengguna Instagram di tanah air, sehingga kamu bisa pula menggunakan penyaring komentar tersebut.

Dengan begitu, kesehatan mental anak dan remaja yang seringkali menjadi korban cyber bullying di media sosial bisa terjaga dengan baik.(*)

Source : Engadget

Editor : Kama

Baca Lainnya

Latest