Follow Us

Gempa Donggala Palu, Bos Facebook Bersimpati Sumbang Rp 15 Miliar

None - Kamis, 04 Oktober 2018 | 17:35
Facebook

Facebook

Nextren.com - Bencana gempa yang diikuti gelombang tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah pada minggu lalu mengundang perhatian sejumlah pihak. Salah satunya adalah pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg. Lewat sebuah unggahan pada akun Facebook resminya, Zuckerberg menyatakan rasa belasungkawanya. Dalam postingannya, ia pun menyatakan bahwa Facebook akan menyumbang dana kepada para korban, melalui penggalangan dana.

Baca Juga : Cara Mudah Download Video dari Instagram Bagi Kalian yang Gak Tahu"Kami berbelasungkawa kepada masyarakat Indonesia yang tengah berusaha pulih dari gempa bumi dan tsunami yang mematikan baru-baru ini.""Sebagai bantuan, Facebook menyumbangkan 1 juta dollar AS (Rp 15 miliar) kepada Palang Merah Indonesia," tulis Mark. Zuckerberg juga mengajak jika ada yang ingin ikut menyumbang, mereka bisa menyalurkannya melalui lembaga Global Giving. "Jika Anda tertarik untuk membantu upaya pemulihan, Anda dapat menyumbang ke GlobalGiving melalui halaman crisis response," lanjutnya.

Baca Juga : Membuat Video Kekinian Hanya Pakai Hape dan DJI Osmo Mobile 2

Saat berita ini ditayangkan, halaman Global Giving telah mengumpulkan 179.419 dollar AS dari target 1 juta dollar AS, yang berasal dari 1987 donatur.Saat bencana gempa bermagnitudo 7,4 SR dan gelombang tsunami menghantam Palu terjadi, Facebook pun mengaktifkan fitur Safety Check. Safety Check Facebook untuk gempa bumi di Donggala, Palu, dan sekitarnya itu mulai muncul di linimasa Facebook pada Sabtu (29/9/2018) pagi. Bukan hanya Mark Zuckerberg, CEO Apple, Tim Cook dan bos Google, Sundar Pichai pun sebelumnya telah menyampaikan rasa belasungkawa dan menyatakan akan memberi sejumlah bantuan untuk para korban.

Baca Juga : Aplikasi Chatting Ini Bantu Kamu Kenalan Sama Bule, Siapa Tahu Jodoh

Mark Zuckerberg simpati gempa palu
Facebook

Mark Zuckerberg simpati gempa palu

Namun berbeda dengan Mark, baik itu Sundar Pichai maupun Tim Cook tidak menjelaskan bagaimana mekanisme penyaluran donasi dari para bos raksasa teknologi tersebut. Beberapa negara sahabat pun turut menawarkan bantuan untuk bencana gempa dan tsunami yang menerjang Palu dan Donggala ini. Hingga saat ini, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat jumlah korban jiwa terus meningkat hingga 1.407 orang. (*)Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gempa dan Tsunami di Sulteng, Facebook Sumbang Rp 15 Miliar untuk PMI"

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest