Follow Us

Menurut Penelitian, Anak Lebih Pintar Bila Tidak Main Gadget

David Novan Buana - Senin, 01 Oktober 2018 | 07:05
Anak disarankan tidak menggunakan gadget dan menonton TV lebih dari 2 jam perhari.
supermommitali.com

Anak disarankan tidak menggunakan gadget dan menonton TV lebih dari 2 jam perhari.

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com - Melarang anak yang menghabiskan waktunya bermain dengan gadget atau menonton TV adalah masalah pelik yang dihadapi orang tua masa kini.

Tahukah kamu bahwa penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa anak yang tidak banyak main gadget dan menonton TV jauh lebih pintar otaknya?

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa semakin lama waktu anak melihat layar (Screen Time), maka kecerdasan kognitifnya akan kalah dengan anak yang hanya menggunakan gadget 2 jam perhari.

Peneliti dari Kanada mengungkapkan temuan tersebut berdasarkan data dari proyek selama 10 tahun untuk meneliti bagaimana otak anak berkembang seiring waktu, bernama Adolescent Brain Cognitive Development (disingkat ABCD).

Proyek yang dibiayai oleh National Institute of Health di Amerika tersebut mewawancarai anak dan orang tuanya mengenai gaya hidup keseharian mereka.

Baca Juga : Khawatir Anak Akses Situs Porno? Google Family Link Bisa Awasi Aktivitasnya

Melalui wawancara tersebut, terungkap data mengenai berapa lama anak melakukan olahraga, tidur, dan melihat layar gadget dan TV setiap harinya.

Selain itu, anak juga diberikan tes berupa pertanyaan, memberikan sampel ludah, dan menyelesaikan teka-teki untuk mengukur kemampuan kognitifnya.

Kemampuan kognitif sendiri merupakan proses yang terjadi di otak untuk berpikir, mengerti mengenai sesuatu, belajar, dan mengingat.

Singkatnya, semua proses yang sangat penting dalam perkembangan anak di usia dini, karena proses itu membentuk kepribadiannya.

Penelitian tersebut melibatkan 4524 orang anak dari umur 8 tahun hingga 11 tahun, mulai dari September 2016 hingga 2017.

Source : Gizmodo

Editor : Kama

Baca Lainnya

Latest