Follow Us

Situs Pendaftaran CPNS 2018 Ternyata Lemot Banget, Ternyata Ini Sebabnya

Wahyu Subyanto - Rabu, 26 September 2018 | 16:48
Seputar seleksi Penerimaan CPNS 2018
Tribun Makassar

Seputar seleksi Penerimaan CPNS 2018

Nextren.com - Hari ini, Rabu 26 september 2018, adalah hari pertama pendaftaran CPNS 2018 secara resmi secara nasional.Tahun ini, pendaftaran dilakukan secara terpusat yaitu lewat portal Badan kepegawaian Negara (BKN) yakni https://sscn.bkn.go.id.Masalahnya banyak orang merasa kesulitan mengakses dan membuka situs utama pendaftaran CPNS tersebut.Pantauan dari tim Nextren, jumlah orang yang mengakses situs sscn.bkn.go.id sebenarnya tak terlalu banyak, yaitu hanya sekitar 320 ribu per hari.

Baca Juga : Samsung Galaxy P30 Tak Akan Sertakan Pemindai Sidik Jari Luar LayarBandingkan dengan jumlah pengakses situs berita seperti tribunnews.com yang mencapai 4,1 juta per hari, detik.com dengan 2,18 juta per hari.Sangat jauh bukan?Apalagi secara fisik, server sscn.bkn.go.id ditaruh di jaringan PT Telkom, perusahaan Telekomunikasi terbesar di Indonesia.Karena itu, Budy K, seorang pengamat saing dan teknologi dan Software Developer, menuliskan analisanya di teknosains, tentang mengapa situs https://sscn.bkn.go.id begitu lemot.

Baca Juga : Qualcomm Tuduh Apple Curi Rahasia Chipsetnya dan Menjualnya ke Intel

Sejak awal pemerintah sudah menetapkan bahwa pendaftaran CPNS 2018 dilakukan terpusat satu pintu melalui portal BKN yakni https://sscn.bkn.go.id.

Maka se harusnya BKN menyadari bahwa sistem mereka akan dipakai dan di akses jutaan pelamar dari seluruh Indonesia.Dengan begitu, semestinya BKN sudah mempersiapkan sistem yang handal agar tidak terjadi banyak error sana-sini.

Baca Juga : Meme Kocak CPNS 2018, Hiburan di Tengah Seriusnya Persaingan

pengakses SSCN BKN
way

pengakses SSCN BKN

Menurut Budy K, Sistem yang handal itu minimal memenuhi kriteria seperti ini:1. Perangkat hardware (Server, Network Device, Firewall dll) yang mumpuni2. Web Server dan Database Server yang mumpuni3. Bahasa Pemrograman yang cocok4. Arsitektur program, Coding Frontend dan Backend serta Database design yang mumpuni5. Lokasi dan fasilitas Hosting yang mantap

Baca Juga : Bocoran Spesifikasi Hape Black Shark 2 yang Sudah Mejeng di TENAA

Nah dari penelusuran Budy K juga para praktisi IT lainnya, banyak bugs (kesalahan kode program) yang ditemukan di https://sscn.bkn.go.id.Bugs yang ditemukan tersebut misalnya, 1. Scripting Error2. Database Error3. Struktur Kode yang kacau4. SSL yang tidak berfungsi

Baca Juga : Xiaomi Mi 8 Pro Hadir dengan Varian Warna Baru, Gradien Twilight Gold

SSCN BKN - Database Query Error
teknosains

SSCN BKN - Database Query Error

Kesalahan Scripting Error misalnya adanya Kode PHP yang disematkan di file JS.Lalu bugs Redundant Assets/Layouting, Duplikasi header dan body serta Assets. Hal ini cukup serius, karena bisa jadi terjadi "Looping-forever" di Source code-nya.

Kesalahan lain adalah Database/Query Error dan SSL Sertifikat issue.

Baca Juga : Foto Selfie Jadi Syarat Daftar CPNS 2018, Ternyata Ini Fungsi Pentingnya

Seharusnya suatu produk masal tidak boleh dilaunching sebelum lolos QA dan testing-testing lainnya.Untungnya, Budy K dan para praktisi IT lainnya, sudah mengirimkan email tentang semua keluhan dan Bugs yang mereka temukan ke pihak Developer BKN.Semoga proses pendaftaran CPNS 2018 yang masih berlangsung hingga 10 Oktober bisa berlangsung lancar dan tidak lemot lagi ya! (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest