Follow Us

Apa Itu Graphics Card? Tanpanya Komputermu Tak Bisa Tampilkan Visual!

David Novan Buana - Senin, 24 September 2018 | 20:48
Graphics card merupakan komponen terpenting untuk menampilkan gambar di layar monitormu.
steemit.com

Graphics card merupakan komponen terpenting untuk menampilkan gambar di layar monitormu.

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com – Graphics card, atau sering juga disebut video card dan VGA card adalah komponen yang penting bila kamu ingin menggunakan aplikasi berbasis visual, termasuk video dan game.

Komponen tersebut seringkali menjadi sumber pertimbangan yang dalam bagi orang yang ingin membeli komputer, karena harganya yang cukup mahal.

Namun, tahukah kamu apa sebenarnya graphics card itu? Dan apa saja yang perlu kamu ketahui mengenai komponen penting ini?

Graphics card sendiri sebenarnya merupakan komponen di dalam komputer yang berfungsi untuk menerjemahkan sinyal elektrik dari komputer menuju layar monitor.

Hasil dari diterjemahkannya sinyal elektrik tersebut ke monitor berupa gambar yang muncul di sana, baik itu film, game, bahkan grafik di aplikasi Excell.

Jadi mudahnya tanpa adanya graphics card maka tampilan di layar monitor tidak akan muncul, dan juga tidak akan seindah yang saat ini kamu lihat.

Itu sebabnya beberapa aplikasi yang mengandalkan tampilan visual, seperti game, memiliki permintaan graphics card yang spesifik.

Baca Juga : Apa Itu Benchmark? Mari Mengenal Lebih Dekat Istilah Komputer Ini

Hal itu disebabkan oleh perbedaan kemampuan dari komponen ini, tergantung dari Graphics Processor Unit (GPU) yang ada di dalamnya.

Sebelum membahas mengenai GPU, perlu kamu ketahui bahwa graphics card dibagi menjadi dua jenis, yaitu Discrete Graphics (Dedicated Graphics) dan Integrated Graphics.

Discrete graphics adalah graphics card yang terpisah dari papan utama komputer atau Central Processing Unit (CPU), dan dihubungkan ke sana dengan cara ditusukkan ke dalam slot khusus.

Source : Wikipedia

Editor : Kama

Baca Lainnya

Latest