Follow Us

Perbandingan Xiaomi Mi A2 dan Mi A1 Lite, Beda Rp 700 Ribu Pilih Mana?

Wahyu Subyanto - Sabtu, 22 September 2018 | 16:30
Xiaomi Mi A2 dan A2 Lite
kama

Xiaomi Mi A2 dan A2 Lite

Nextren.com- Seperti biasanya, Xiaomi terbaru seri Mi selalu diburu penggemarnya, yaitu para Mi Fans.Xiaomi memang baru saja resmi menghadirkan Mi A2 dan Mi A2 Lite.Keduanya jadi seri Mi terbaru yang berbasis Android murni (AndroidOne).Artinya apa?Smartphone berbasis Android murni membuatnya paling cepat mendapatkan update terbaru yang dibuat oleh Google.

Baca Juga : Samsung Galaxy J4+ dan J6+ Hadir, Layar Lebih Lega Processornya Malah TurunBahkan Android versi di atasnya juga bakal didukung, misalnya dari Android 8 Oreo ke Android 9 Pie.Selain itu, seri Mi dari Xiaomi diberikan kualitas kamera yang terbaik di antara seri Xiaomi lainnya. Mengapa Xiaomi membuat Mi A2 dengan dua versi, tampaknya terkait dengan strategi harga.Nah, agar tak penasaran, yuk simak apa saja sih perbedaan di antara keduanya?

Baca Juga : WhatsApp Bakal Hentikan Dukungan untuk iPhone dengan OS iOS 7

Ukuran LayarSecara jelas yang terlihat berbeda adalah ukurannya. Layar Xiaomi Mi A2 5,99 inchi, lebih besar daripada Mi A2 Lite yang 5,84 inchi. Desain layar Mi A2 tampil datar mirip Mi A1 sebelumnya.Sedangkan layar Mi A2 Lite punya poni di sisi atas layarnya, yang kini jadi tren sejak diperkenalkan iPhone X.

Baca Juga : Perbandingan Harga dan Spesifikasi Mi A2 Lite dengan Produk Sekelasnya

ProsesorBerikutnya, Mi A2 memakai prosesor Qualcomm Snapdragon 660 dengan RAM 4 GB dan internal 64GB. Sementara Mi A2 Lite dibekali prosesor lebih rendah, yaitu Qualcomm Snapdragon 625 dengan dua pilihan RAM, yaitu RAM 4GB/internal 64GB dan RAM 3GB/internal 32GB. Dari jenis prosesor yang dipakai, terlihat jelas bahwa kinerja Mi A2 bakal lebih ngebut dibanding Mi A2 Lite.

Baca Juga : Cara Bikin Curriculum Vitae ala Profesional, Tak Harus Ahli PhotoShop

KameraSebagai fitur utama, kamera belakang Xiaomi Mi A2 berjenis dual camera dengan resolusi 20 MP f/1.8 dan 12 MP f/1.8. Ini tentu lebih tinggi resolusi dan bukaan lensanya, dibanding kamera belakang Mi A1 Lite yang juga berjenis dual kamera namun resolusinya 12 MP f/2.2 dan 5 MP f/2.2.Dari speknya saja jelas bahwa kamera Mi A2 lebih baik dan lebih peka cahaya, dibanding kamera Mi A2 Lite.Sementara kamera depan Mi A2 untuk foto selfie beresolusi 20 MP f/2.2, jauh lebih tinggi dibanding Mi A2 Lite yang hanya 5MP f/2.0.

Baca Juga : Advan G3 Jagokan Audio Harman Kardon, Dijual Rp 2 Jutaan Bahkan Diskon Rp 1 Juta Bagi MahasiswaPort koneksiHal ini paling berbeda karena Mi A2 sudah memakai USB Type C yang mampu mengisi ulang dan transfer data lebih cepat.Sementara Mi A2 Lite masih memakai port microUSB yang biasa ada di Android kebanyakan.Jack AudioHal ini bisa disebut kelemahan dari Mi A2 karena jack audio 3.5mm sudah dihilangkan, dan digantikan adapter Type-C ke 3.5mm jack audio.Artinya, kamu tak bisa menikmati musik berlama-lama sambil mengisi ulang karena untuk memakai earphone juga memakai port yang sama.

Atau bisa juga memakai earphone kalau kamu punya earphone bluetooth.Sementara di Mi A2 Lite masih tetap seperti biasanya, yaitu ada jack audio 3.5mm dan port microUSB.

Baca Juga : Tiga Seri Terbaru Apple Resmi Dijual, Antrian Tak Lagi Panjang

Slot simcard dan microSDXiaomi Mi A2 memang menjanjikan kinerja lebih kencang dan kamera lebih baik, namun ternyata ia hanya punya dua slot simcard saja.Jadi kalau mau menambahkan microSD untuk tambahan menyimpan data, maka simcard ke-2 harus dilepaskan.Sementara Mi A2 Lite lebih fleksibel karena punya dua slot simcard + satu slot microSD hingga 256 GB.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest