Follow Us

Pelopori Desain Smartphone Berponi, Penjualan iPhone X Kalah Oleh Huawei

Wahyu Subyanto - Sabtu, 04 Agustus 2018 | 16:19
iPhone X
engadget

iPhone X

Nextren-Desain smartphone dengan notch atau poni awalnya dipopulerkan oleh iPhone X, meski sebenarnya mereka bukan yang pertama memakainya.Saat itu, desain ini dicibir banyak pihak dan disebut mengganggu keseluruhan tampilan desain bezeless (minim bingkai) yang indah.Desain bezelless seperti itu membuat layar jadi bisa tampil sampai mepet ke pinggiran hape, sehingga keseluruhan layar lebih lega tanpa menambah ukuran keseluruhan hape.Apa boleh buat, ukuran hape memang tak bisa dibuat terlalu besar karena akan mengurangi kepraktisannya, seperti yang terjadi pada phablet dan tablet.

(BACA : Kirim Pesan WhatsApp Bakal Berbayar, Kita Akan Kembali ke Sistem SMS )iPhone X sendiri membuat desain dengan poni itu untuk menempatkan kamera depan dan berbagai sensor, sementara layarnya tetap harus terasa lega.Belakangan, ada banyak vendor smartphone yang membuat hape berdesain bezeless dengan poni seperti iPhone X itu.Sebut saja Asus Zenfone 5, Zenfone 5Z, LG G7, Huawei P20, Vivo V9, Lenovo Z5, Nokia 6.1, Xiaomi Mi 8 dan banyak lainnya.Suka tidak suka, desain smartphone dengan notch alias poni ini sudah menjadi sebuah tren dan disambut pasar dengan gembira.

(BACA : Ini Dia Ponsel 5G Pertama di Dunia yang Siap Dipakai, Resmi Diumumkan )

Dari sekian banyak vendor smartphone berponi tersebut, apakah iPhone X sebagai pelopornya yang terlaris?Jawabannya ternyata tidak.iPhone X hanya menciptakan tren, namun yang menjadi hape berponi terlaris adalah Huawei, menurut data dari lembaga riset Sigmaintell Consulting, Selama setengah tahun 2018 ini, Huawei berhasil menjual smartphone berponi dalam jumlah terbanyak di dunia, yaitu sebanyak 25,4 juta unit.

(BACA : Ngerinya Radiasi 16 Smartphone, Xiaomi Laris Ini Ternyata Radiasinya Tertinggi )Angka tersebut mengalahkan jumlah unit smartphone berponi yang terjual dari Apple, Oppo, Vivo dan Xiaomi. Selama setengah tahun 2018 ini, seluruhnya ada sebanyak 86,1 juta unit smartphone berponi yang terjual, dilansir dari Digitimes (3/7/2018). Dengan penjualan sebanyak 25,4 juta unit, Huawei berarti telah menjual 29.5 persen dari total keseluruhan smartphone berponi. Sementara Apple sebagai vendor yang paling pertama mempopulerkan desain smartphone berponi, berada di peringkat kedua dengan penjualan sebanyak 20.7 juta unit. Secara jumlah produk yang diusung, memang sangat wajar jika angka penjualan Huawei lebih banyak dari Apple.

(BACA : Spesifikasi BlackBerry Evolve X, Saingi Galaxy S9 Plus Tapi Lebih Murah )

Ingat, Apple hanya menjual smartphone berponi iPhone X saja, tak ada tipe lain.Harga iPhone X juga bisa menempati kelas harga teratas untuk smartphone yang dijual secara bebas, sementara Huawei punya harga produk dari menengah hingga atas.Sementara Huawei punya beberapa seri smartphone berponi, ditambah anak usahanya yakni Honor juga turut menyumbang angka penjualan. Secara total, menurut Sigmaintell ada sebanyak 604 juta unit hape yang terjual hingga pertengahan 2018 ini .

(BACA : Cara Mudah Cek KTP Asli atau Palsu, Biar Tak DitipuPenjual Nakal )Jumlah ini turun 3.3 persen dibandingkan pertengahan tahun 2017 lalu. Berikut ranking jumlah total pengiriman smartphone di dunia, hingga kuartal II tahun 2018 ini.1. Samsung - 73 juta unit. 2. Huawei - 54 juta unit3. Apple - 41 juta unit(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest