Follow Us

Diuji 319 Ribu Pengguna, Ini Internet Operator Tercepat di Indonesia Semester 1 2018 versi nPerf

Wahyu Subyanto - Selasa, 24 Juli 2018 | 18:21
Ilustrasi internetan
iblog

Ilustrasi internetan

Laporan wartawan Nextren, Wahyu S.Nextren.com - Di Indonesia, semua operator mengklaim punya kecepatan internet memadai.Semuanya punya jaringan 4G bahkan 4.5G yang dikatakan makin merata di seluruh Indonesia.Namun, konsumen atau pengguna adalah pihak yang paling merasakan sebagus dan secepat apa koneksi internet yang bisa dinikmati.Selama ini, Speedtest dan OpenSignal menjadi aplikasi favorit untuk menguji jaringan atau layanan internet di smartphone.

(BACA : Harga Galaxy Note 9 Bikin Kaget, Seharga Motor Honda Vario 150 )Ada aplikasi pengujian kualitas jaringan operator yang lebih lengkap, yaitu Nperf. Npref bisa menguji kualitas layanan internet secara lengkap, seperti browsing ke situs web dan streaming video YouTube. Sedangkan, Speedtest hanya menguji menampilkan kecepatan download dan upload data saja. Padahal pengujian jaringan tak hanya soal kecepatan, tapi apakah layanannya bisa digunakan dengan baik.

(BACA : Iklan di Google Translate Mulai Disinggung Sang CEO, Bakal Mengganggu? )

Pengujian dengan nPerf
windowscentral

Pengujian dengan nPerf

Aplikasi Npref ini menguji kecepatan browsing dengan mengunjungi beberapa situs, seperti Google, Facebook, Blogspot, Yahoo, dan situs lokal Kaskus. Untuk pengujian streaming, Npref mengakses YouTube dalam tiga resolusi yaitu 240p, 360p, dan 720p.Menariknya lagi, hasil pengujian Npref dapat dibandingkan dengan sesama operator yang beroperasi di Indonesia. Jadi pengguna bisa melihat seberapa kencang koneksi internet yang dipakainya dibanding operator lain di satu lokasi.

(BACA : Samsung Galaxy Note 9 Dikabarkan Bakal Dilengkapi Stylus 'Ajaib' )Seperti juga aplikasi lain yang bisa didownloas secara gratis oleh pengguna smartphone, nPerf ini menyajikan data secara nyata di lapangan, saat dipakai oleh pengguna di berbagai lokasi.

kinerja operator semester 1 2018 versi nPerf
nPerf

kinerja operator semester 1 2018 versi nPerf

Hasil uji nPerf Semester 1 tahun 2018Baru-baru ini, nPerf merilis hasil pengujian dari ratusan ribu penggunanya, tepatnya 319552 kali pengujian.Pengujian meliputi speedtest, streaming, dan browsing.Hasilnya, Smartfren secara dramatis telah meningkatkan kualitas jaringannya, termasuk peningkatan throughputs dan mengurangi latensi.

(BACA : Cara Backup iPhone Kamu ke Komputer, Nggak Khawatir Kehilangan File )

Ini mendorongnya ke peringkat pertama, dengan kecepatan unduh 13,94 Mbs, Smartfren meninggalkan operator lainnya.Telkomsel menempati posisi kedua dengan kecepatan unduh 6,27 Mbs, kurang dari setengah kecepatan Smartfren!Smartfren mencatat kinerja latensi yang baik yang merupakan kriteria penting untuk para gamer.Kecepatan berikutnya diraih oleh XL Axiata, lalu BOLT, Tri, dan Indosat.

(BACA : Kembali Berinovasi, Samsung Kenalkan Produk 'Wireless Charger Duo' )

kecepatan operator semester 1 2018 versi nPerf
nperf

kecepatan operator semester 1 2018 versi nPerf

Kapasitas Jaringan Indonesia terbatas Saat kita melihat kecepatan download, maka nPerf mengatakan bahwa sebagian besar operator seluler memberikan kecepatan yang terbatas untuk penggunaan intensif seperti streaming dalam resolusi tinggi (HD).XL Axiata juga telah membuat kemajuan yang bagus di semester 1 ini dan bahkan mengalahkan Telkomsel, yang menurun kinerjanya.Saat melihat kinerja dari Smartfren, Xl Axiata, Bolt! Dan Telkomsel sejak awal Mei, terlihat bahwa empat operator meningkatkan kinerja mereka dengan angka yang sangat dekat satu sama lain lain.Hal ini menunjukkan bahwa persaingan dalam hal kinerja jaringan akan terus berlangsung hingga tahun ini. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest