Follow Us

Serangan Siber Diperkirakan Melonjak Selama Piala Dunia FIFA 2018

Wahyu Subyanto - Selasa, 26 Juni 2018 | 12:25
live stream Piala Dunia 2018
arrajol

live stream Piala Dunia 2018

Laporan wartawan Nextren, Wahyu S.Nextren.com - Pagelaran olahraga paling favorit di seluruh dunia, yaitu Piala Dunia, saat ini sedang berlangsung di Rusia.Ada miliaran pasang mata menyaksikan pertandingan sepakbola antar bangsa tersebut, lewat beragam cara.Kemajuan teknologi membuat penonton bisa menyaksikan Piala Dunia 2018 lewat internet, dengan beragam cara baik lewat streaming atau aplikasi.Namun di balik kemeriahan penonton pertandingan lewat internet, banyak yang tak sadar bahwa ada banyak bahaya mengancam mereka.

(BACA : Sering Lupa Lokasi Parkir Mobil? Tandai Saja Lewat Google Assistant )Menurut Fortinet, penyedia solusi keamanan siber yang otomatis dan terintegrasi, mengingatkan penggemar sepak bola yang sedang bersemangat di Indonesia untuk tetap waspada terhadap serangan siber selama Turnamen Piala Dunia FIFA 2018."Acara olahraga internasional berskala besar seperti Piala Dunia FIFA adalah target utama serangan siber, bahkan untuk individu biasa," kata Gavin Chow, Network & Security Strategistuntuk Fortinet Asia Pasifik.

"Peretas tahu bahwa dalam kegembiraan mereka untuk menonton pertandingan terbaru atau mengetahui skor terbaru, pengguna komputer sering melupakan akal sehat dan mengabaikan kebiasaan komputasi yang aman."Fortinet memperkirakan lonjakan penipuan online dan serangan phishing saat pertunjukan sepakbola terbesar dunia berlangsung.

(BACA : Raup Miliaran, Kandang.in Galang Modal Bagi Peternak Lewat Internet )

Mereka menawarkan 5 kiat keamanan untuk bertahan dari ancaman siber selama Piala Dunia FIFA 2018.1. Berhati-hatilah ketika Anda melihat liputan langsungBaik melihat liputan langsung, tayangan ulang pertandingan, atau memeriksa statistik pertandingan secara online, penting untuk hanya mengunjungi situs web terpercaya. Acara yang mendapatkan perhatian publik dan liputan media yang signifikan sering digunakan sebagai umpan untuk kampanye spam atau spear-phishing. Pelaku kejahatan online juga dapat membuat situs web dan domain palsu yang tampak sebagai berita atau liputan Olimpiade resmi.Situs palsu seperti itu dapat digunakan untuk mengirimkan malware kepada pengguna akhir setelah mengunjungi situs.

(BACA : Syarat dan Cara Pinjam Uang Lewat Hape Xiaomi, Waspada Bunga Tinggi )2. Hati-hati terhadap serangan phishingPengguna dapat menerima email spam yang mengumumkan bahwa mereka adalah pemenang yang beruntung dari undian untuk tiket ke putaran final Piala Dunia. Meskipun mungkin sangat menggoda untuk mengeklik tautan email yang mengatakan "Anda telah memenangkan 2 tiket untuk putaran final Piala Dunia," berhati-hatilah. Dengan mengeklik tautan itu, Anda dapat dibawa ke situs web yang disusupi.Hal itu bisa membuat Anda mengunduh perangkat lunak perusak ke komputer Anda, mencuri data dan informasi pribadi Anda.

(BACA : Automatic Call Recorder Gratis Sampai 29 Juni di Google Play Store )

3. Waspada terhadap penjual online yang menawarkan tiket diskon atau barang dagangan murahJika Anda menemukan toko online yang menawarkan tiket pertandingan atau barang dagangan dengan harga yang sangat rendah, periksa untuk memastikan itu adalah toko yang sah dan bukan toko palsu.Sebabnya, toko palsu akan hilang kemudian hari bersama dengan informasi kartu kredit Anda. 4. Selalu perbarui perangkat lunakMenjalankan versi terbaru dari sistem operasi Anda, perangkat lunak keamanan, aplikasi, dan browser Web adalah salah satu pertahanan terbaik terhadap malware, virus, dan ancaman siber lainnya. Jadi jangan malas melakukan update browser dan aplikasi lain yang sering dipakai untuk mengakses internet.Penyerang siber biasanya menargetkan kelemahan dan kerentanan di browser dan plug-in yang ketinggalan zaman. Hal yang terbaik adalah memiliki perangkat lunak keamanan dan pembaruan browser web secara otomatis untuk meminimalkan paparan terhadap ancaman yang diketahui.

(BACA : Alcatel 1, Android Go Paling Murah Cuma Sejutaan Dijual Di Rusia )5. Hindari hotspot Wi-Fi publikPermainan Piala Dunia berlangsung di malam hari, saat banyak dari kita keluar dari rumah. Meskipun terlihat menggoda, hindari koneksi ke hotspot Wi-Fi yang tidak dikenal seperti di cafe, untuk menonton pertandingan.

Sebuah hotspot yang tidak aman, akan mempermudah hacker untuk mencegat login dan kata sandi, pesan email, dokumen terlampir dan informasi pribadi dan rahasia lainnya. Jika Anda terpaksa harus menggunakan Wi-Fi di tempat umum, gunakan jalur akses resmi yang memiliki enkripsi yang dilindungi kata sandi. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest